cara membuat working holiday visa kanada

Bagi sebagian orang, Kanada dianggap sebagai salah satu negara terbaik untuk dikunjungi. Maka dari itu, cukup banyak yang mengajukan Working Holiday Visa Kanada. Apalagi jika kamu seorang mahasiswa, kesempatan ini jangan sampai disia-siakan begitu saja.

Dengan adanya Working Holiday Visa Kanada, maka kamu dapat bekerja sekaligus bepergian ke luar negeri. Umumnya, para wisatawan itu bisa bekerja paruh waktu dan bisa tinggal di berbagai kota terbaik. Contohnya, kamu bisa tinggal di Montreal, Toronto, dan Vancouver.

Beberapa keuntungan yang didapatkan saat membuat Working Holiday Visa Kanada adalah sebagai berikut.

  • Dapat Bekerja Secara legal di Kanada
  • Mendapatkan Pengalaman Kerja Internasional
  • Fleksibilitas Kerja yang lebih nyaman
  • Pintu masuk untuk visa yang lebih panjang
  • Dapat Tinggal di Kanada dalam jangka waktu panjang

Untuk bisa mendapatkan Working Holiday Visa Kanada, kamu perlu memenuhi syarat melalui program International Experience Canada (IEC). Beberapa langkah untuk mendapatkannya adalah sebagai berikut.

1. Pastikan masuk Kualifikasi

Untuk memenuhi syarat Visa Working Holiday Kanada yang ditawarkan oleh International Experience Canada (IEC), kamu harus memenuhi beberapa kualifikasi penting. Pertama ada Usia, yakni pemohon umumnya harus berusia antara 18 dan 35 tahun. Akan tetapi, batas usia ini dapat berbeda tergantung pada kebijakan perjanjian antara negara asal maupun Kanada.

Kemudian, kamu harus memiliki perjanjian IEC dengan Kanada. Sayangnya, hingga saat ini Indonesia tidak tercantum dalam daftar negara yang berpartisipasi. Paspor milikmu juga harus tetap berfungsi selama tinggal di Kanada.

Selanjutnya, pemohon harus menunjukkan bukti bahwa mereka memiliki dana setidaknya. Umumnya, kamu harus memiliki CAD 2.500 untuk menutupi biaya hidup awal. Kamu juga diharuskan memiliki asuransi kesehatan saat tinggal di Kanada.

Pemohon juga perlu memiliki catatan kriminal yang bersih atau jika di Indonesia bernama SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Tidak lupa juga bahwa kamu harus menunjukkan bukti bahwa sudah memiliki tiket pulang atau dana yang cukup untuk membelinya.

Memenuhi semua kriteria tadi sangatlah penting, Sebab, hal itu memiliki peluang lebih besar diterima dalam program Visa Working Holiday Kanada.

2. Cek Ketersediaan untuk Warga Indonesia

cek ketersediaan indonesia di working holiday visa kanadaSeperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Indonesia tidak termasuk dalam daftar negara yang memiliki perjanjian langsung dengan Kanada untuk program International Experience Canada (IEC). Dengan kata lain, ini juga mencakup Working Holiday Visa sehingga warga Indonesia tidak dapat langsung mengajukan visa. Apalagi, bagian tersebut adalah langkah penting dalam proses pengajuan Working Holiday Visa Kanada.

Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir. Warga Indonesia tetap dapat visa serupa melalui agen atau negara ketiga yang memiliki perjanjian dengan Kanada. Dalam hal ini, sangat penting untuk mengetahui apakah negara tersebut menyediakan program kerja atau visa yang sesuai. Pemeriksaan awal ketersediaan ini bisa menghemat waktu dan menentukan apakah ada alternatif lain untuk melaksanakan rencana kerja dan liburan di Kanada.

3. Daftar di Pool IEC jika sudah tersedia

Untuk mengajukan Working Holiday Visa Kanada, langkah pertama adalah mendaftar di Pool IEC (International Experience Canada). Setelah memastikan negara asal kita memenuhi syarat, maka perlu mendaftar melalui platform MyCIC. Sistem pool ini memungkinkan pelamar untuk mengajukan visa setelah mereka dipilih secara acak.

Setelah registrasi, kamu diminta untuk mengisi profil lengkap yang mencakup informasi pribadi, riwayat pekerjaan, dan dokumen pendukung lainnya. Kamu akan menerima undangan untuk mengajukan (ITA) setelah dipilih. Hal ini memungkinkan kamu dapat melanjutkan ke proses pengajuan visa resmi.

Perlu diperhatikan bahwa pendaftaran ke pool IEC tidak menjamin kamu akan dipilih. Sebab, penentuan dilakukan secara acak dan berdasarkan kuota. Tapi, setelah terpilih, peluang kamu untuk mendapatkan visa sangat tinggi. Setelah itu, kamu juga dapat memulai proses pengajuan visa dan mempersiapkan diri untuk bekerja di Kanada.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 70 Negara

4. Ajukan Visa

Berikutnya adalah kamu perlu mengajukan visa untuk bisa dapat Working Holiday Visa Kanada. Pastikan kamu menerima undangan untuk mengajukan Invitation to Apply (ITA) dari program International Experience Canada (IEC).

Pada tahap tersebut, pelamar harus mengisi formulir aplikasi secara online melalui akun MyCIC dan melengkapi dokumen pendukung seperti paspor, foto terbaru, bukti dana (biasanya sekitar CAD 2.500), dan surat keterangan polisi. Kadang-kadang, hasil tes medis juga diperlukan.

Pelamar juga harus membayar biaya aplikasi visa (sekitar CAD 156) dan biaya izin kerja (jika diperlukan CAD 100). Semua informasi dan dokumen yang diberikan harus benar dan sesuai dengan persyaratan imigrasi Kanada. Karena aplikasi milikmu akan ditinjau oleh pihak imigrasi, proses ini sangatlah penting.

Jika berhasil lolos, kamu akan menerima Letter of Introduction dari Port of Entry (POE). Bagian ini diperlukan saat memasuki Kanada untuk memulai pengalaman kerja dan liburanmu.

5. Menunggu Persetujuan

menunggu approval working holiday visa

Pengajuanmu akan dievaluasi oleh pihak imigrasi Kanada. Pada tahap ini, mereka akan memverifikasi semua informasi yang kamu berikan, termasuk bukti dana, catatan kriminal, dan hasil pemeriksaan medis jika diperlukan.

Proses ini dapat memakan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan. Semuanya tergantung pada jumlah aplikasi dan kompleksitas kasus. Nantinya, kamu akan menerima Surat Pembuka Port of Entry (POE) jika aplikasimu disetujui. Surat ini sangat penting karena menunjukkan bahwa kamu diizinkan memasuki Kanada melalui program Working Holiday. Sebelum dapat memulai petualangan bekerja dan berlibur di Kanada, sangat penting untuk mendapatkan persetujuan ini.

6. Persiapan Keberangkatan

Jika semua persyaratan sudah dipenuhi, maka langkah terakhir adalah melakukan persiapan keberangkatan. Sebelum pergi, pelamar harus mempersiapkan beberapa hal. Pertama, harus memiliki tiket pesawat pulang-pergi. Bisa juga bukti memiliki dana yang cukup untuk membelinya agar dapat kembali ke negara asal.

Selanjutnya, kamu harus memiliki asuransi kesehatan yang mencakup seluruh masa tinggal di Kanada. Untuk menghindari biaya kesehatan yang mungkin timbul selama bekerja atau bepergian di Kanada, pelamar harus membawa bukti tempat tinggal sementara atau akomodasi saat tiba. Contohnya seperti reservasi hotel atau surat undangan dari teman atau keluarga.

Saat kamu tiba di Kanada, dokumenmu akan diverifikasi oleh petugas imigrasi. Selain itu, pastikan untuk membawa Letter of Introduction of Port of Entry (POE) yang diterima setelah disetujui visa. Tujuannya untuk menunjukkan izin tinggal kepada pihak imigrasi.

Baca Artikel Menarik Lainnya dari Transfez  Seputar Kuliah di Luar Negeri

Kuliah S2 di Australia
Kuliah S2 di Singapura
Kuliah S2 di Singapura
Kuliah S2 di Singapura

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis Anda

ID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore