9 Manfaat Digital Remittance di Indonesia

Digital remittance atau transfer uang secara elektronik telah menjadi salah satu metode yang paling populer dan efisien dalam mengirim uang dari satu negara ke negara lain. Di Indonesia, hal ini telah memberikan berbagai manfaat bagi masyarakat, terutama dalam hal kemudahan, kecepatan, dan keamanan. Sehingga tidak heran jika mulai banyak masyarakat yang beralih pada kemudahan metode tersebut.

Baca Juga Cara Kirim Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Kirim Uang ke Hongkong
Cara Kirim Uang ke Filipina
Cara Kirim Uang ke USA
Cara Kirim Uang ke Singapura
Cara Kirim Uang ke Cina

Tentunya bagi yang masih berpikir untuk menggunakannya akan mencari tahu seperti apa manfaat yang bisa diberikan oleh sistem atau metode ini. Apalagi masih ada masyarakat awam yang belum memahami hal tersebut. Nah, bagi yang ingin tahu lebih jelasnya, berikut adalah sembilan manfaat dari penggunaan digital remittance di Indonesia.

Digital Remitttance

Digital Remittance Membantu Transaksi Keuangan Mudah

Pertama, digital remittance memungkinkan pengirim uang untuk melakukan transaksi dengan cepat dan mudah. Dengan adanya layanan transfer uang online, pengirim tidak perlu lagi repot-repot pergi ke bank atau kantor pos untuk mengirim uang ke luar negeri. Lupakan saja cara lama dimana seseorang harus menuju ke bank dan mengisi berbagai macam form yang menyulitkan. Belum lagi harus mengantri berjam-jam supaya bisa melakukan transaksi tersebut. Berkat transaksi secara online, kapan saja dan dimana saja hal ini bisa dilakukan dengan cepat.

Penghematan Biaya Berkat Digital Remittance

Selanjutnya digital remittance juga memungkinkan pengirim uang untuk menghemat biaya. Dibandingkan dengan metode tradisional seperti transfer bank, biaya yang dikenakan untuk transfer uang secara online cenderung lebih rendah. Oleh sebab itu mengirimkan uang dengan cara seperti ini jauh lebih efisien, terutama jika digunakan dalam jangka waktu lama dan secara berkala. Tentu secara umum nantinya biaya yang dibutuhkan akan jauh lebih minim dibandingkan menggunakan metode konvensional melalui bank.

Digital Remittance Membantu Transaksi Keuangan Cepat

Memilih sistem digital remittance juga dapat memungkinkan penerima uang untuk menerima dana dengan cepat. Proses transfer uang secara elektronik biasanya hanya memerlukan waktu beberapa menit hingga beberapa jam, sehingga memungkinkan penerima uang untuk segera menggunakan dana yang diterimanya. Maka dari itu hal ini akan membantu masalah pengiriman uang yang lebih cepat dan optimal. Tidak peduli ada dimana maupun kapan saja waktu untuk melakukannya.

Baca juga: Remitter Adalah, Tujuan, Hingga Manfaatnya Pada Bisnis Global

Sistem Keamanan Yang Lebih Baik

Jaminan keamanan yang diberikan oleh digital remittance juga cendderung lebih baik. Dengan adanya teknologi enkripsi dan perlindungan data, transaksi transfer uang online cenderung lebih aman dari risiko pencurian atau penipuan. Apalagi saat ini kejahatan melalui dunia maya cukup banyak dan mulai marak Akan tetapi berkat sistem ini maka potensi kejahatan terkait transaksi online ini dapat diminimalkan sejak awal. Oleh sebab itu jangan ragu memilih menggunakan sistem tersebut yang dapat dipercaya sistem keamanannya.

Status Transaksi Jelas Dalam Digital Remittance

Digital remittance memungkinkan pengirim uang untuk melacak status transaksi dengan mudah. Dengan adanya notifikasi dan informasi yang diberikan secara real-time, pengirim uang dapat memastikan bahwa dana yang mereka kirim telah sampai ke penerima dengan aman. Hal ini terutama sangat bermanfaat bagi yang melakukan transaksi maupun pembayaran bisnis dan membutuhkan informasi mengenai proses serta status transaksinya. Dengan informasi real-time akan lebih mudah untuk mengetahui seperti apa perkembangan proses pengiriman dana yang telah dilakukan.

Dapat Melakukan Transaksi Kapan Saja

Manfaat berikut yang bisa didapatkan dari digital remittance juga termasuk memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja. Dengan adanya layanan transfer uang online yang tersedia 24/7, pengguna tidak terbatas oleh jam operasional bank atau kantor pos. Tinggalkan cara lama yang memberikan banyak batasan terutama terkait dengan waktu. Kebanyakan bank hanya beroperasi selama 8 jam sehari, sehingga otomatis menyulitkan transaksi bisnis yang harus dilaksanakan sewaktu-waktu. Namun berkat metode digital remittance tentu saja transaksi bebas dilakukan kapan saja.

Memiliki Pilihan Metode Pembayaran Beragam

Menggunakan digital remittance artinya juga memungkinkan pengguna untuk memilih berbagai metode pembayaran. Selain transfer bank, pengguna juga dapat menggunakan kartu kredit, dompet digital, atau layanan pembayaran online lainnya untuk melakukan transfer uang secara elektronik. Dengan demikian ada banyak alternatif yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk mengirimkan dananya kapan saja dan dimana saja. Alternatif ini juga memudahkan mana sistem pembayaran yang paling nyaman serta mudah untuk dipilih dan digunakan.

Terdapat Berbagai Layanan Tambahan

Adapun digital remittance juga memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai layanan tambahan seperti konversi mata uang, pembayaran tagihan, atau pembelian produk secara online. Aneka macam layanan ini bermanfaat untuk mereka yang memiliki deretan kebutuhan transaksi keuangan secara kompleks. Misalnya jika harus membayar tagihan tertentu secara berkala setiap bulannya. Belum lagi hal ini juga memudahkan pembelian barang dari mana saja.

Menawarkan Beragam Promo Menarik

Hal menarik berikutnya jika berbicara tentang digital remittance maka manfaat lain yang bisa didapatkan yaitu hal ini juga memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan berbagai promo dan diskon yang ditawarkan oleh penyedia layanan transfer uang online tersebut. Aneka promo ini sebagian besar menguntungkan pengguna dengan berbagai macam hal seperti misalnya terdapat hadiah vocher yang bisa digunakan untuk berbelanja dan sebagainya. Sehingga bukan hanya berhasil mengirimkan dana saja, namun juga memperoleh bonus yang tidak dikira sebelumnya berupa hadiah promo tersebut.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store   350px appstore

Dengan berbagai manfaat tersebut, tidak mengherankan jika digital remittance semakin populer di Indonesia. Berkat adanya kemudahan, kecepatan, dan keamanan yang ditawarkan, sistem transfer dana yang satu ini telah membantu memudahkan proses pengiriman uang dari dan ke Indonesia dengan lebih efektif dan efisien. Sehingga tidak ada lagi keraguan maupun kemungkinan kecil mengalami kesulitan saat ingin mengirimkan dana dari dan ke Indonesia.

Artikel ini terakhir diperbaharui pada 19 Februari 2024