pengertian Tabungan Haji adalah apa lur

Haji merupakan rukun islam kelima yang diwajibkan untuk seorang muslim yang mampu baik secara fisik dan finansialnya. Oleh karenanya sangat dianjurkan untuk seorang muslim menjadi mampu berhaji agar dapat terpenuhi 5 rukun islamnya, salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menabung.

Di Indonesia terdapat sistem tabungan haji. Tabungan yang digunakan untuk keberangkatan Haji. Membuat tabungan ini cukup mudah, penjelasan lebih lengkapnya kamu dapat menyimaknya dibawah ini!

Pengertian Tabungan Haji

Tabungan Haji merupakan tabungan yang digunakan untuk BPH atau Biaya Penyelenggaran Ibadah. Dalam pembukaan tabungan ini sangat mudah kamu hanya perlu melampirkan KTP atau SIM, lalu kamu menyetorkan setoran minimal sesuai dengan ketetapan bank.

Biaya setoran awal di rata-rata bank adalah sebesar 100 ribu saja. Dan setoran selanjutnya minimal 100 ribu.

Untuk mendapatkan kuota haji kamu harus membayar pendaftaran dengan menyetorkan dana awal minimal 25 juta agar nama kamu masuk kedalam embarkasi atau domisili tempat tinggal mu sebagai calon jamaah haji.

Pendaftaran harus dilakukan karena kuota haji dibatasi, dan harus menunggu kurang lebih 5-15 tahun lebih. Hal ini menjadi alasan kuat kenapa kamu harus memiliki tabungan haji selagi kamu masih muda.

Pada tahun 2019 diumumkan melalui berita online DPR RI memutuskan biaya haji atau ongkos haji sebesar 32,5 juta, yang harga ini akan berbeda sesuai dengan embarkasi keberangkatan para peserta haji.

Oleh karenanya untuk memenuhi biaya Haji tersebut kamu dapat membuka tabungan haji yang kini banyak ditawarkan oleh bank atau lembaga keuangan lain.

Cara menabungnya kamu bisa menyetorkan uang sebesar 500 ribu pada tiap bulannya. Maka dalam 5 tahun yang akan datang kamu sudah memiliki uang sebesar 30 juta.

Setelah terkumpul dana sebesar 25 juta, dana tersebut akan langsung otomatis didaftarkan untuk mendapatkan kuota haji. Dana tersebut akan disetorkan ke rekening Badan Pengelola Keuangan Haji di bank yang kamu lakukan soetta.

Setelahnya secara tunai uang tersebut akan disetorkan oleh teller bank maupun non teller bank.

cara membuka Tabungan Haji bagaimana lur

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Keuntungan Memiliki Tabungan Haji

Ada banyak keuntungan yang didapatkan jika kamu memiliki tabungan haji. Salah satu yang paling utama adalah kamu memiliki kesempatan berhaji dengan dana simpanan di tabungan ini.

Berikut adalah keuntungan dari tabungan haji, yang harus kamu tau:

Uang Tersimpan Aman

Uang kamu akan tersimpan di Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji. Maka dari itu uang anda akan dijamin keamanannya karena Bank BPS BPIH memiliki kriteria yang harus dipenuhi yaitu memiliki kondisi yang sehat pada keuangan banknya.

Sulit Dicairkan

Keuntungan lainnya menabung di Tabungan Haji adalah dana yang anda simpan menjadi lebih efektif dan efisien, karena sulitnya dicairkan. Sehingga kamu tidak akan sembarangan mencarikan uang ini kecuali memang untuk keperluan haji.

Memperlancar Pendaftaran Haji

Jika tabungan kamu sudah mencapai 25 juta di Bank. Maka bank tersebut akan memberikan notfikasi kepada anda untuk segera mandaftarkan haji ke Kementerian Agama, agar anda segera mendapatkan kuota haji.

Tidak ada bunga dan biaya administrasi

Tabungan ini dijamin ke-halalannya karena tidak ada bunga yang akan diberikan di tabungan ini. Tabungan haji sudah dijamin memenuhi syariat Islam, agar kamu dapat beribadah haji dengan nyaman dan lancar.

Dilengkapi Biaya Asuransi

Kini banyak lembaga keuangan yang menyediakan tabungan haji yang diikut sertakan dengan asuransi jiwa untuk para nasabahnya. Tentunya asuransi ini menjadi keuntungan tersendiri untuk para nasabah, dan ibadah haji menjadi lebih tenang.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Contoh Menabung Di Tabungan Haji

Tabungan haji memiliki cara kerja yang sama seperti tabungan pada umumnya. Yang membedakan adalah tujuan dari menabung nya yaitu untuk keberangkatan haji.

Awalnya nasabah seperti biasa akan diberlakukan pembukaan tabungan bank seperti umumnya. Lalu nasabah akan diberi batas saldo yang ditentukan oleh Kementerian Agama guna mendapatkan kuota haji, batas saldo yang ditentukan hingga saat ini adalh 25 juta.

Oleh karenanya jika kamu ingin menabung di tabungan haji kamu harus memiliki saldo hingga 25 juta, dan setelah mencapai 25 juta. Pihak bank dan kamu sebagai nasabah akan didaftarkan ke Kementerian Agama dalam daftar calon Jemaah Haji.

Nah, setelah selesai mendaftar di Kementerian Agama. Kamu sebagai nasabah melunasi biaya yang kurang sambil menunggu, umumnya BPIH atau Biaya Perjalanan Ibadah Haji adalah diatas 30 juta.

Maka nasabah harus menyerahkan lagi untuk melunasi kurang 5 juta tersebut. Jemaah haji yang diterangkan pada penyelenggaraan haji adalah Jemaah haji yang berhak berangkat dan sudah melunasi BPIH nya, dan belum melakukan pembatalan haji.

Misalkan ada Jemaah haji yang belum melunasi BPIH nya ia tetap masuk ke Jemaah haji yang berhak tapi akan dimasukkan pada tahun berikutnya. Jika calon jamaah haji tersebut tidak juga melunasi hutangnya, maka jika ada calon Jamaah haji cadangan bisa menggantikan calon Jemaah haji yang tidak menular tersebut.

Cara Menghitung Tabungan Haji

Kamu akan mendapatkan nomor porsi atau nomer keberangkan, jika saldo tabungan haji mu sudah mencapai 25 juta.

Berikut adalah hitungan agar kamu mendapatkan nomor porsi dengan jumlah setoran setiap bulan, dan pembukaan saldo sebesar 100 ribu.

Kamu bisa mendapatkan nomor porsi dalam kurun waktu:

  • 1 tahun jika menabung Rp2.075.000 / bulan
  • 2 tahun jika menabung Rp1.037.500 / bulan
  • 3 tahun jika menabung Rp 692.000 /  bulan
  • 4 tahun jika menabung Rp 519.000 /   bulan
  • 5 tahun jika menabung Rp415.000  /   bulan
  • 6 tahun jika menabung Rp 346.000 /  bulan
  • 7 tahun jika menabung Rp 297.000 /   bulan
  • 8 tahun jika menabung Rp260.000 /   bulan
  • 9 tahun jika menabung Rp 231.000 /   bulan
  • 10 tahun jika menabung Rp 207.500 /   bulan

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Penutup

Demikianlah informasi mengenai tabungan haji semoga bermanfaat untuk kamu.

Instagram