Pada Sistem Ekonomi Pasar Sering Terjadi Krisis Ekonomi Karena Permainan Pasar

Pada sistem ekonomi pasar sering terjadi krisis ekonomi karena kondisi dari perekonomian itu sendiri tidak stabil. Krisis ekonomi menjadi sesuatu sebuah kondisi yang sangat ditakuti sekolah semua negara yang ada di dunia.

Baca Juga: Cara Mudah Bertransaksi Bisnis Menggunakan Aplikasi Transfez Bisnis

Bahkan belakangan ini hampir semua negara mengalami krisis ekonomi yang cukup berat yang membutuhkan masa pemulihan sangat lama pasca pandemi Covid-19. Terjadinya krisis ekonomi ini tentunya terdapat faktor yang mendasarinya sehingga mempengaruhi sistem ekonomi pasar.

Pada Sistem Ekonomi Pasar Sering Terjadi Krisis Ekonomi Karena Permainan Pasar

Apa Itu Krisis Ekonomi

Krisis ekonomi menjadi keadaan bahwasanya dari perekonomian yang ada di suatu negara mengalami penurunan yang sangat drastis. Pada umumnya negara yang tengah menghadapi keadaan krisis ekonomi akan mengalami penurunan produk domestik bruto, naik turunnya harga yang disebabkan oleh inflasi hingga hancurnya harga properti dan saham.

Dengan demikian adanya krisis ekonomi tentunya memberikan dampak yang cukup besar pada sistem ekonomi pasar itu sendiri. Terganggunya sistem ekonomi pasar karena kenaikan harga pokok yang semakin meroket, penurunan nilai tukar yang tidak terkontrol lagi, penurunan konsumsi yang berperan cukup rendah hingga penurunan pertumbuhan ekonomi yang sangat drastis.

Apa Itu Sistem Ekonomi Pasar

Pada sistem ekonomi pasar sering terjadi krisis ekonomi karena adanya permainan monopoli di dalam pasar itu sendiri. Sistem ekonomi pasar merupakan sebuah sistem ekonomi dengan kegiatan yang dimulai dari produksi, distribusi dan nantinya konsumen diserahkan sepenuhnya pada mekanisme pasar sehingga pemerintah tidak mempunyai hak atas kegiatan ekonomi tersebut.

Dalam hal ini pemerintah memiliki peranan hanya sebagai pihak pengawas pada sistem ekonomi pasar. Namun masyarakat memiliki kebebasan untuk melakukan produksi barang dengan jumlah yang bisa ditetapkan sendiri dan untuk dalam memproduksi barang ataupun jasa tersebut mereka hanya mengandalkan kekuatan tawar-menawar pada sebuah kegiatan ekonomi.

Lihat Juga Video Mudahnya Kirim Uang dengan Transfez ke Lebih dari 50 Negara

Lihat Juga Video Mudahnya Menggunakan Aplikasi Transfez Singapura

Penyebab Kondisi Pada Sistem Ekonomi Pasar Sering Terjadi Krisis Ekonomi Karena Inflasi

Terjadinya krisis ekonomi pada suatu negara tentunya juga didasari oleh beberapa faktor. Berikut sejumlah beberapa penyebab terjadinya krisis ekonomi di suatu negara:

1. Pertumbuhan Ekonomi yang Macet

Penyebab terjadinya krisis ekonomi di suatu negara khususnya pada sistem ekonomi pasar disebabkan oleh pertumbuhan ekonomi yang tidak berkembang atau bahkan macet sehingga tidak berjalan sebagaimana mestinya. Makin buruknya pertumbuhan maka bisa menyebabkan perekonomian negara masuk ke dalam jurang krisis perekonomian yang cukup panjang.

Bahkan ketika kondisi pertumbuhan ekonomi yang macet ini tidak terkendali maka bisa membuat negara mengalami resesi seperti yang terjadi di masa pandemi covid 19. Pada kuartal 2 dan 3 pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia mengalami hasil yang sangat negatif dan bahkan sudah terancam akan terjadi resesi.

2. Laju Inflasi yang Tinggi

Pada sistem ekonomi pasar sering terjadi krisis ekonomi karena adanya laju inflasi yang cukup tinggi dan tidak terkendalikan dengan baik. Pada umumnya inflasi menjadi sebuah peristiwa dengan kondisi harga barang ataupun jasa mengalami kenaikan dalam waktu yang cukup panjang.

Sebenarnya pada kondisi inflasi ini tidak selalu menunjukkan dampak negatif namun juga tergantung dari tinggi rendahnya tingkat persentase kondisi inflasi tersebut. Pada saat inflasi sudah terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama dan mengalami laju yang tinggi maka bisa mengakibatkan nilai uang mengalami penurunan dan menjadikan perekonomian suatu negara semakin buruk termasuk ekonomi pasar.

3. Hutang Berlebihan

Pada sistem ekonomi pasar sering terjadi krisis ekonomi karena dari pemerintah sendiri terlalu mengandalkan hutang kepada negara asing. Utang negara yang berlebih tentunya menjadi penyebab terjadinya krisis ekonomi pada suatu negara karena banyaknya beban dari utang negara yang tidak bisa dibayarkannya.

Kondisi ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perusahaan yang bisa kolaps kapan saja karena memiliki banyak hutang dan tidak mampu membayarnya. Hal ini saya juga berlaku pada negara ketika tidak mampu melakukan pembayaran hutangnya maka tidak menutup kemungkinan kejadian krisis ekonomi di tahun 1998 akan kembali terjadi.

Baca Juga Artikel Tentang Bisnis Lainnya dari Transfez

Bisnis Jasa Desain Grafis
Bisnis Jasa Rias
Bisnis Jasa Keuangan
Bisnis Jasa Lukis
Bisnis Jasa Mendengarkan Curhatan

4. Dampak Krisis Ekonomi

Pada sistem ekonomi pasar sering terjadi krisis ekonomi karena adanya permainan yang ada di dalam pasar oleh golongan yang memiliki modal, di dalam perekonomian pasar ini mereka mempunyai modal yang cukup besar untuk berkuasa. Dengan demikian tidak menutup kemungkinan krisis ekonomi ini akan sering terjadi karena terdapat sejumlah pihak yang mengendalikan sistem ekonomi pasar itu sendiri.

Terjadinya krisis ekonomi tentunya memberikan dampak yang cukup besar terhadap pelaku ekonomi karena akan mengganggu perekonomian secara individu ataupun nasional. Pada saat produk jualnya tidak mampu bersaing dan tidak laku di pasaran tentunya bisa membuat usaha yang dijalankan akan koleps karena tidak mendapatkan pemasukan yang disebabkan oleh monopoli pasar yang dilakukan oleh pihak-pihak bermodal.

5. Cara yang Tepat Dalam Menyikapi Krisis Ekonomi

Pada sistem ekonomi pasar sering terjadi krisis ekonomi karena adanya kekuatan oleh pihak-pihak yang memiliki modal banyak guna mengendalikan pasar. Dengan demikian ketika menjalankan usaha dan saling terjadi krisis ekonomi pada sistem ekonomi pasar sebaiknya menyikapinya dengan beberapa cara supaya tidak membuat usaha kolaps begitu saja.

Ketika merasakan kondisi sistem ekonomi pasarnya kurang baik maka cara yang tepat pada saat kondisi itu harus menyikapi krisis ekonomi secara baik. Berikut inilah beberapa cara yang tepat dalam menyikapi krisis ekonomi yang terjadi pada sistem ekonomi pasar:

  • Menyiapkan keuangan sebagai antisipasi terjadinya krisis ekonomi untuk berjaga-jaga apabila usaha yang dijalankan akan tumpang atau berhenti sesaat.
  • Mengurangi biaya pengeluaran setiap bulan sebagai salah satu cara terbaik dalam menyikapi bahayanya krisis ekonomi pada sistem ekonomi pasar.
  • Mengurangi hutang karena pada saat terjadi krisis ekonomi tentunya hutang akan menjadi beban mengingat ketika krisis ekonomi sudah datang maka semuanya menjadi tidak bisa dikendalikan dengan baik.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs. Download sekarang!

google play store
350px appstore

Demikianlah beberapa pembahasan terkait pertanyaan pada sistem ekonomi pasar sering terjadi krisis ekonomi karena disebabkan oleh pelaku pasar yang memonopoli kegiatan. Hal itu dilakukan karena memang memiliki modal yang kuat untuk mengendalikan sistem ekonomi pasar.

Instagram