pengertian Return of Investment adalah apa lur

Seorang Pebisnis harus mengetahui bagaimana cara mengukur ROI (return on investment) atau dengan nama lain pengembalian investasi secara keseluruhan untuk bisnis yang sedang dijalankan. ROI menjadi barometer pertama atas keuntungan bisnis yang paling akurat.

Segala kegiatan operasional dapat dikaji dengan mengetahui tingkat pengembalian investasi atau ROI. Menurut ahli keuangan di Indonesia menyatakan bahwa ROI adalah uang atau aset yang didapatkan atau hilang ketika proses investasi pada bisnis terjadi.

Investasi yang dimaksud mengacu pada pembelian moda, asset, serta anggaran yang digunakan untuk biaya investasi.

Pengertian Return of Investment (ROI)

Tolak ukuran dari kinerja guna untuk mengetahui tentang efisiensi investasi atau membandingkan efisiensi dari satu investasi ke investasi lain merupakan pengertian dari ROI. Fungsi dari ROI adalah dapat mengukur secara langsung dan tempat jumlah dari pengembalian investasi tertentu, yang relatif terhadap biaya investasi.

Pengertian lain dari ROI adalah ‘Nilai Investasi Saat Ini’ karena nilai ROI mengacu pada hasil yang didapatkan dari penjualan bunga investasi. ROI sangat mudah untuk dibandingkan dengan pengembalian dari investasi yang berbeda, sebab ROI diukur sebagai persentase, yang memudahkan akuntan untuk mengukur banyak macam investasi yang berbeda dan membandingkannya dengan investasi lainnya.

Sederhananya ROI dapat digunakan untuk mengukur dari dari profitabilitas Investasi. Hal ini berlaku untuk ROI yang mengacu pada investasi saham, ROI yang dihasilkan perusahaan pada perluasan industri, atau ROI yang didapatkan pada penjualan real estate.

Cara Menghitung ROI tidaklah sulit, bahkan sangat mudah untuk di praktekkannya. Apabila hasil ROI pada investasi adalah positif maka ROI menguntungkan, tapi jika peluang laing dari ROI lebih tinggi adanangya, itu merupakan acuan untuk investor memilih pilihan terbaik.

Perhitungan ROI juga membantu investor untuk menghindari ROI hasil negatif, karena itu merupakan hal yang akan menghasilkan kerugian.

Baca Juga Artikel Tentang Kehidupan di Luar Negeri:

7 Universitas Favorit di Malaysia
Cara Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Tujuan Kuliah di Luar Negeri
11 Tips Hemat Jadi Mahasiswa di Luar Negeri
5 Negara Favorit Pemburu Beasiswa

Cara Menghitung Return of Investment (RO)

ROI dihitung dengan cara membagi keuntungan yang didapatkan dalam investasi dengan biaya yang dikeluarkan untuk investasi tersebut.

Contoh, Investasi A menguntungkan dengan Laba yang dimiliki adalah 100 juta dan biaya 100 juta akan mempunyai ROI 1 atau artinya ROI 100% yang dinyatakan dalam persentase,

ROI memang merupakan cara tercepat dan termudah untuk menghitung keuntungan investasi, tapi ada beberapa batasan yang dimiliki ROI. Seperti tidak dapat menggambarkan nilai waktu dari uang, dan susu untuk membandingkan ROI secara detail karena banyak investasi yang membutuhkan jangka waktu lama agar mendapatkan keuntungannya dibandingkan investasi lain.

cara menghitung Return of Investment  bagaimana lur

Contoh Perhitungan Return of Investment (ROI)

Contoh perhitungan investasi ke -1

Pada tahun 2007 Ani menginvestasikan 1 Milyar di PT Bunga Cantik . Satu tahun kemudian ia menjual sahamnya yang memiliki nilai 1,2 Milyar. Cara menghitung ROI atau keuntungan dari investasi yaitu dengan membagi laba bersih dengan biaya investasi maka akan dihasilkan Return of Investment atau ROI.

Laba bersih = hasil investasi – Biaya Investasi = 1,2 Milyar – 1 Milyar = 200 juta

Biaya Investasi = 1 Milyar

ROI = Laba bersih / Biaya Investasi * 100%

ROI = 200 juta / 1 Milyar * 100%

ROI = 20%

Kesimpulan dari contoh perhitungan ini adalah Ani bisa membandingkan investasi di PT Bunga Cantik dengan Proyek lainnya.

Contoh perhitungan investasi ke-2

Pada tahun 2014 Ani menginvestasikan 2M untuk proyek pembangunan Mall Garden. Tiga tahun kemudian ia menjual sahamnya dengan total 2,8M. Maka ROI yang didapatkan dari proyek Mall Garden adalah (2,8M-2M)/2M*100% menghasilkan Return of Investment (ROI) 40%.

ROI merupakan cara terpopuler sebab kesederhanaan dan manfaatnya pada perhitungan keuntungan investasi, dengan ROI bisa menghitung keuntungan investasi.

Baca Juga Cara Transfer Uang dengan Mudah ke Berbagai Negara

Cara Transfer Uang ke Hongkong
Cara Transfer Uang ke Filipina
Cara Transfer Uang ke Australia
Cara Transfer Uang ke Singapura
Cara Transfer Uang ke Cina
Cara Transfer Uang ke Malaysia
Cara Transfer Uang ke Jepang

Keterbatasan Return of Investment (ROI)

ROI juga bukan merupakan perhitungan yang sempurna ada beberapa keterbatasan yang dimiliki oleh ROI. Contoh perhitungan Ani yang dijabarkan pada bagian atas menjelaskan sedikitnya keterbatasan Return of Investment (ROI) dalam prakteknya ketika ingin membandingkan investasi.

Jika membandingkan investasi pertama di PT Bunga Cantik dan Proyek Mall Garden jumlah investasi kedua Ani jauh lebih besar yaitu dua kali lipat, dan memiliki waktu pembelian serta penjualan yang berda. Investasi pertama ia menjualnya dalam satu tahun, dan investasi kedua ia menjualnya dalam tiga tahun investasi

Ani sebenarnya dapat menggunakan ROI dengan investasi multi tahun. Contoh kasus kedua yang mendapatkan ROI 40% dalam tiga tahun, Ani dapat membaginya dengan 3 untuk menghasilkan ROI rata-rata dalam satu tahun, sehingga ia akan menghasilkan ROI 13,33 untuk satu tahun investasinya.

Dengan hasil ini Ani akan mendapatkan nilai yang terang, walaupun investasi kedua hasilnya lebih besar. Tetapi sebenarnya investasi yang pertama lebih menguntungkan dan efisien untuk bisnisnya.

ROR ataun tingkat pembalian dapat digunakan secara bersamaan dengan ROI, yang dapat menghitung waktu detail pada proyek. Atau kamu dapat menggunakan NPV dan menghitung perubahan nilai uang yang dilihat dari periode waktu ke waktu lain misal karena investasi.

Perkembangan ROI

Belakangan ini para investor dan beberapa bisnis tertarik unutk mengmbangkan bentu baru perhitungan ROI yang memiliki julukan SROI atau kepanjangan dari Social Return of Investment.

Dikembangkan pada awal 2000an SROI ini menghitung seberapa dampak yang dihasilkan secara luas dari banyak proyek yang menggunakan nilai ekstra sampai finansial atau metric sosial dan lingkungan yang sekarang tidak dapat tergambarkan di akun keuangan konvensional.

Manfaat dari perkembangan Return of Investment (ROI) ini yang membantu untuk menilai keseimbangai nilai ESG terhadap kriteria sosial dan pemerintahan yang berlaku pada investasi secara langsung, dan yang bertanggung jawab secara sosial pada investasi tersebut.

Contohya adalah sebuah perusahaan melakukan daur ulang plastik di pabriknya,dan akan mengganti kegunaaan bahan bangunan. Usaha daur ulang plastic ini akan berdampak negatif langsung terhadap usaha-usaha bahan bangunan yang dibuat secara tradisional atau terhadap ROI tradisionalnya.

Tapi, membuat bahan bangunan dari daur ulang plastik adalah manfaat yang sangat besar untuk lingkungan yang ramah, sehingga akan menghasilkan Return of Investment (ROI) yang bernilai positif.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

Download Aplikasi Transfez di Android
Download Aplikasi Transfez di iOs

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

Penutup

Nah, demikianlah Pengertian Return of Investment (ROI) dan cara menghitung ROI dengan benar.

Instagram