Cara Yang Benar Gunakan Kartu Kredit Saat Di Luar Negeri.

Februari 28, 2021 by admin
Begini Cara Memakai Kartu Kredit di Luar Negeri

Saat ini, interaksi langsung dengan orang lain sangat dibatasi, terutama dalam melakukan pembayaran. Kita pasti tahu betul bahwa wabah pandemi telah mengubah cara kita hidup kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu perubahan demi bisa menyesuaikan keadaan yang terjadi saat ini.

Begitu pula dalam hal melakukan pembayaran. Kalau dulu, kita harus menyediakan uang cash di dompet untuk setiap transaksi yang ingin dilakukan. Kini, dengan kartu kredit saja semuanya bisa dilakukan. Apalagi, jika kamu ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Memilih kartu kredit sebagai alat pembayaran yang sah adalah salah satu cara terbaik. 

Namun, bagaimana cara pakai kartu kredit di luar negeri? Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasannya di bawah ini!

  1. Pilih Penerbit yang Tepat 

Setiap bank tentu memiliki layanan kartu kreditnya masing-masing. Setiap layanan tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, kamu perlu menimbang manakah bank dan layanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu. 

  1. Cek Limit Kartu Kredit 

Menggunakan kartu kredit tentu memberikan kemudahan dalam bertransaksi kapanpun dan dimanapun. Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan cicilan yang akan kamu bayarkan di bulan selanjutnya. Jangan sampai over-limit!

  1. Simpan No Telepon Call Center Kartu Kredit Kamu

Jika terdapat gangguan terhadap kartu kredit. Kamu bisa menghubungi call center resmi bank untuk meminimalisir segala gangguan dan risiko yang bisa timbul. So, jangan lupa simpan nomor telepon call center ya!

  1. Kenali Biaya Transaksi 

Biaya transaksi adalah salah satu indikator yang perlu kamu pertimbangkan ketika memilih layanan kartu kredit. Sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, ada baiknya kamu cari tahu terlebih dahulu tentang biaya transaksi yang dikenakan pada setiap layanan kartu kredit. Dengan begitu, kamu jadi tidak merasa dirugikan karena adanya transparansi biaya yang ditetapkan oleh bank tersebut. 

  1. Rahasiakan Pin dan Informasi tentang Kartu Kredit Kamu 

Ini adalah salah satu faktor terpenting untuk menjaga keamanan kartu kredit agar tidak digunakan oleh orang yang salah. Rahasiakan PIN dan informasi apapun dari siapapun. Selain itu, gantilah kata sandi secara berkala untuk mencegah terjadinya scamming yang sedang marak terjadi belakangan ini. 

  1. Bawa Uang dan Kartu Cadangan 

Walaupun kartu kredit bisa digunakan kapanpun dan dimanapun dalam melakukan transaksi. Kamu juga tetap perlu menyediakan uang cash dan kartu ATM untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan selama berada di luar negeri. 

  1. Perhatikan Kurs yang Digunakan 

Kurs adalah salah satu pertimbangan yang perlu kamu perhitungkan selama berada di luar negeri. Hitunglah kurs secara teliti guna mencegah terjadinya kekurangan saldo/uang selama berada di luar negeri. Dengan begitu, kamu jadi lebih bisa memperhatikan dan mengatur keuangan berwisata ke luar negeri. 

  1. Biaya Admin yang Harus Ditanggung 

Selain kurs mata uang, biaya admin yang dikenakan juga tak luput dari bahan pertimbangan. Sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, ada baiknya jika kamu cek terlebih dahulu seberapa besar biaya admin yang harus ditanggung untuk setiap transaksinya. Ini tentu akan berpengaruh pada pengeluaran uang yang akan kamu transaksikan. So, be aware! 

Dengan 8 cara di atas, kamu akan merasa aman dan nyaman selama berwisata di luar negeri. Namun, jika cara di atas kurang efektif untuk kamu, terutama dalam hal biaya admin yang besar dan kamu harus tinggal dalam waktu yang cukup lama, kamu bisa andalkan Transfez untuk kirim uang ke luar negeri ke rekening kenalanmu. 

Tak hanya sekadar menyediakan biaya admin yang murah, kecepatan dan kemudahan tentu juga menyertai di setiap transfer yang kamu buat. So. Masih ragu pakai Transfez? 

Khusus kamu pengguna pertama, silakan gunakan kode referral “FREETRY” untuk menikmati gratis biaya pengiriman pertamamu! Download sekarang di App Store (iOS) dan Play Store (Android).