Apa Itu Bisnis Afiliasi? Begini Cara Kerja dan Contohnya

Juni 23, 2021 by admin

Bisa mendapatkan uang dengan sedikit usaha dan modal kecil adalah dambaan bagi banyak orang. Beruntungnya, di era digital ini ada lebih banyak cara untuk mendapatkan hal tersebut. 

Salah satunya adalah dengan melakukan bisnis afiliasi. Bisnis afiliasi membuat Anda bisa mendapatkan passive income dengan sedikit modal saja.

Di artikel ini, Transfez akan mengupas tentang apa itu bisnis afiliasi, bagaimana cara kerjanya, apa saja keuntungannya, dan tentunya contoh bisnis afiliasi yang bisa Anda coba. 

Penasaran? Langsung saja baca  artikel ini sampai selesai, ya!

Apa Itu Bisnis Afiliasi?

Bisnis afiliasi adalah bisnis yang menghasilkan uang dalam bentuk komisi setelah Anda berhasil membuat orang lain menggunakan atau membeli suatu produk. Nominal dari komisi yang Anda dapatkan bervariasi tergantung kebijakan perusahaan.

Cara Kerja Bisnis Afiliasi

Sebelum membahas cara kerja bisnis afiliasi, mari ketahui secara singkat pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Dalam bisnis afiliasi ada tiga pihak yang terlibat:

  • Pemilik Produk: merupakan perusahaan, penjual, dan lainnya. Pihak inilah yang memberi peluang bisnis afiliasi.
  • Afiliator: orang yang mengikuti bisnis afiliasi dan bertugas memasarkan produk dari pemilik program afiliasi kepada calon konsumen.
  • Konsumen:  orang yang membeli atau menggunakan produk dari pemilik produk melalui afiliator.

Setelah mengetahui pihak-pihak yang terlibat dalam bisnis afiliasi, kita akan lebih mudah memahami cara kerja bisnis ini.

Jadi, dalam bisnis ini Anda akan berperan sebagai afiliator. Anda bertugas mengajak konsumen untuk membeli atau menggunakan produk dari pemilik produk dengan cara memberikan kode referal/referral code khusus milik Anda kepada konsumen. 

Semakin banyak calon konsumen yang menggunakan kode referal Anda, maka akan semakin banyak pula komisi yang Anda dapatkan.

Keuntungan Bisnis Afiliasi

Modal Kecil

Bisnis ini dapat dikatakan menguntungkan karena hanya perlu mengeluarkan modal sedikit saja. Umumnya, untuk dapat sukses menjalankan bisnis ini, Anda hanya memerlukan smartphone, kuota internet, dan kemampuan berkomunikasi yang mampu mengajak orang lain untuk menggunakan suatu produk. 

Jam Kerja Fleksibel

Bisnis afiliasi tidak mengenal jam kerja karena dapat dilakukan kapan saja. Pagi, siang, sore atau malam? Anda bebas pilih!

Kerja Di Mana Saja

Selain bisa kerja kapan saja, Anda juga bisa kerja di mana saja, lho! Bisnis ini umumnya dilakukan daring via smartphone atau laptop yang terhubung dengan internet. 

Jadi, Anda bisa mengerjakannya di manapun. Baik di rumah, warung kopi, kampus, atau berbagai tempat lainnya. 

Bisa Mengikuti Banyak Program Afiliasi

Bisnis afiliasi ini sekilas terdengar seperti bekerja sebagai sales, tapi bedanya bisnis ini tidak mengikat kita sebagai afiliator kepada hanya satu perusahaan saja. Jadi, Anda bebas mengikuti berbagai macam program afiliasi sebagai afiliator. 

Anda bisa mendaftar ke beberapa program afiliasi sekaligus. Tetapi, pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan tiap perusahaan supaya tidak terkena konsekuensi di masa depan.

Bagaimana Afiliator Dibayar?

Anda semakin tertarik untuk terjun ke bisnis afiliasi sebagai afiliator dan penasaran bagaimana Anda akan dibayar? 

Jadi, dalam bisnis afiliasi, afiliator dapat dibayar dengan dua cara:

  1. Mendapatkan Bayaran Per Transaksi/ Pay Per Sale

Dalam sistem pembayaran ini, Anda akan mendapatkan komisi setelah calon konsumen melakukan transaksi dengan menggunakan kode referal yang Anda berikan.

  1. Mendapatkan Bayaran Per Klik/ Pay Per Click

Dalam program ini, Anda akan mendapatkan komisi berdasarkan jumlah pengunjung yang mengklik tautan ke situs pemilik produk/perusahaan yang telah Anda bagikan.

Pengunjung tidak diharuskan membeli. Pemilik produk/perusahaan yang menggunakan sistem pay per click biasanya hanya membutuhkan traffic atau banyak pengunjung ke situs mereka sekaligus mengenalkan tentang keberadaan situs mereka kepada banyak orang

Contoh Bisnis Afiliasi

Nah, untuk Anda yang ingin memulai bisnis afiliasi bisa ikut program afiliasi di Transfez, lho! 

Bagaimana caranya? Yuk, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Unduh/download dan install aplikasi Transfez di smartphone Anda.
  2. Daftar/Sign Up di aplikasi Transfez yang telah terinstal di smartphone.
  3. Aktifkan kode referal/referral code Anda di aplikasi Transfez.
  4. Ajak 3 orang teman untuk menggunakan kode referal Anda.
  5. Nikmati komisi spesial sebesar total IDR 750.000 dari Transfez untuk setiap tiga orang yang menggunakan kode Anda!

Sangat mudah, ya? 

Selain bisa dimanfaatkan untuk ikut bisnis afiliasi, aplikasi Transfez tentunya juga berguna untuk memudahkan Anda mengirim uang ke luar negeri seperti kirim uang ke US

Dengan Transfez, kirim uang ke luar negeri jadi lebih cepat, hemat, mudah, dan aman langsung dari genggaman. Yuk, pakai Transfez!