rekomendasi wisata religi di myanmar bersejarah

Myanmar atau juga dikenal sebagai Burma ini merupakan salah satu lokasi wisata religi menarik di Asia Tenggara. Saat berada di sana, kamu bisa menemukan bangunan hingga lokasi yang bersifat religius.

Negara satu ini mempunyai keberagaman suku hingga panorama yang begitu alami. Beberapa rekomendasi wisata religi di Myanmar adalah sebagai berikut.

1. Pagoda Shwedagon, Yangon

Wisata Religi pertama yang perlu kamu kunjungi adalah Pagoda Shwedagon. Bangunan ini sudah dianggap sebagai pusat spiritual bagi umat Buddha seluruh dunia. Bahkan, ini juga salah satu situs ziarah paling suci di Myanmar. Sebab, terdapat relik suci berupa delapan helai rambut Buddha.

Pagoda ini terlihat megah dengan lapisan emas asli, ribuan berlian, dan batu permata. Hal itu juga termasuk sebuah berlian 76 karat di puncaknya. Pagoda Shwedagon memiliki desain luar biasa, terutama di bawah sinar matahari terbenam.

wisata religi di myanmar pagoda

Banyak penganut agama Buddha mengunjungi Shwedagon untuk bermeditasi, berdoa, dan menyucikan diri. Dengan patung-patung Buddha, lonceng, dan tempat persembahan di sekitarnya, pengunjung dapat merasakan kedamaian secara batin.

Ritual keagamaan penting pun sering diadakan, terutama selama festival besar seperti Thingyan (Tahun Baru Myanmar) dan festival Buddha lainnya. Berpartisipasi dalam upacara ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang praktik keagamaan lokal setempat.

Dengan usia lebih dari 2.500 tahun, Shwedagon dianggap sebagai salah satu pagoda tertua di dunia. Ini adalah tempat yang sangat dihormati dan memiliki nilai sejarah luar biasa. Apalagi, kisah pembangunannya terkait dengan relik suci Buddha.

2. Kuil Mahamuni, Mandalay

Selanjutnya ada Kuil Mahamuni yang lokasinya di Mandalay, Myanmar. Kuil ini memiliki patung Buddha Mahamuni yang merupakan salah satu patung Buddha paling dihormati di Myanmar. Banyak penganut agama Buddha percaya bahwa patung ini adalah gambar terbaik dari Sang Buddha yang pernah dibuat. Patung tersebut dilapisi emas oleh para peziarah, sehingga bentuknya berubah seiring waktu.

Memiliki sejarah yang panjang, Kuil Mahamuni dimulai dengan keyakinan bahwa patung ini pertama kali berada di Kerajaan Arakan (sekarang Rakhine). Pada akhirnya, patung itu dibawa ke Mandalay oleh Raja Bodawpaya pada abad ke-18. Kuil ini kemudian menjadi tempat ritual keagamaan dan saksi sejarah penting bagi umat Buddha.

Salah satu tradisi di kuil ini adalah menggosok emas pada patung sebagai bagian dari ibadah dan penghormatan. Selain itu, upacara sehari-hari, seperti membersihkan wajah patung dengan air dan bunga setiap pagi, bisa menarik para pengunjung.

Selain itu, kuil ini menampilkan arsitektur tradisional Myanmar yang indah dengan banyak detail. Dinding dan langit-langit kuil dihiasi dengan ukiran rumit dan patung dewa-dewi memukau. Hal itu mencerminkan keindahan seni Buddhis klasik Myanmar.

Tidak hanya patung utamanya, ada juga benda seni dan artefak keagamaan berharga dari berbagai periode sejarah Myanmar. Hal Ini membuatnya mirip dengan museum hidup keagamaan.

3. Bagan

wisata religi di myanmar BAGANBagan adalah lokasi ideal jika kamu ingin wisata religi terbaik di Myanmar. Meskipun sebelumnya diperkirakan mencapai lebih dari 10.000 struktur, Bagan memiliki lebih dari 2.000 kuil, pagoda, dan biara yang tersebar di seluruh dataran. Kompleks ini menunjukkan kejayaan Kerajaan Pagan. Apalagi kerajaan itu berfungsi sebagai pusat agama dan kebudayaan Buddha di Asia Tenggara dari abad ke-9 hingga ke-13.

Setiap pagoda dan kuil di Bagan memiliki desain khusus yang mencerminkan berbagai gaya arsitektur dari berbagai periode sejarah. Beberapa kuil terkenal, seperti Ananda, Dhammayangyi, dan Shwezigon, memiliki relief, patung, dan karya seni Buddha indah dengan sarat makna religius.

Daerah ini menawarkan suasana tenang dan damai. Oleh sebab itu, Bagan sangat baik untuk bermeditasi dan berpikir tentang kehidupan spiritual. Tempat ini memberikan pengalaman religius mendalam bagi pengunjung. Terdapat juga latar belakang matahari terbit atau terbenam yang memukau di antara pagoda-pagoda kuno.

Baca Artikel Wisata Religi Lainnya dari Transfez

Wisata Religi di Turki
Wisata Religi di Sri Lanka
Wisata Religi di Oman
Wisata Religi di Rusia

4. Pagoda Kyaiktiyo (Golden Rock), Mon State

Untuk kamu yang mencari lokasi wisata religi unik, maka bisa mencoba ke Pagoda Kyaiktiyo atau Golden Rock di Mon State, Myanmar. Pagoda Kyaiktiyo terkenal karena batu besar berwarna emas yang tampak seperti hampir jatuh dari tebing. Batu ajaib ini bertengger di atas tebing curam dan seolah-olah tetap tegak.

Pagoda Kyaiktiyo adalah salah satu situs ziarah Buddha paling suci di Myanmar. Terdapat pagoda kecil setinggi 7,3 meter yang diyakini menyimpan helai rambut Buddha. Menurut legenda lokal, seorang pertapa meletakkan rambut Buddha di bawahnya untuk menjaga batu ini di tempatnya sekarang. Legenda tersebut memiliki nilai spiritual mendalam. Daya tarik magisnya yang kuat dapat menarik para peziarah untuk melakukan ritual dan berdoa.

wisata religi di myanmar kyaiktyo pagodaDari puncak tempat batu, pengunjung dapat melihat pemandangan luar biasa indah. Contohnya, kamu bisa melhatnya ketika matahari terbit dan terbenam. Hal Ini menambah nilai wisata dan memberikan suasana tenang serta nyaman.

Sebagai bentuk penghormatan, banyak penganut Buddha menempelkan lembaran emas pada batu tersebut. Di sini juga dilakukan upacara dan doa, terutama selama festival tahunan yang menarik ribuan peziarah.

Lihat Juga Video Cara Mudah Kirim Uang Ke Luar Negeri

5. Kuil Ananda, Bagan

Kuil ini sempat disinggung pada poin tentang Bagan sebelumnya. Kuil Ananda dibangun pada abad ke-11 dan menampilkan gaya arsitektur Buddha Mon yang kuat dengan pengaruh India. Bangunan ini memiliki bentuk salib Yunani dengan patung Buddha besar di tengahnya sehingga dapat dilihat melalui empat pintu masuk.

Terdapat empat patung Buddha berdiri di dalam kuil dan masing-masing menghadap ke empat arah utama. Hal itu melambangkan empat Buddha yang sudah mencapai pencerahan. Masing-masing patung menunjukan ekspresi wajah berbeda.

Dinding kuil dihiasi dengan relief yang menceritakan kisah kehidupan dan ajaran Buddha. Hal itu membuat pengunjung dapat belajar tentang sejarah dan filosofi Buddha saat berjalan di dindingnya. Tidak hanya memberikan pengalaman religius, Kuil Ananda juga menyajikan pemandangan matahari terbit dan terbenam di antara ribuan pagoda di Bagan. Hal ini memberikan kesan yang eksotis untuk pengunjung.

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

google play store 350px appstore