wisata religi di qatar

Sejak Penyelenggaraan Piala Dunia 2022 lalu, nama Qatar begitu melejit. Sebab, hal itu menjadi kesempatan mereka untuk unjuk gigi di dunia sebagai tuan rumah. Apalagi jika kamu seorang muslim, ada beberapa wisata religi di Qatar yang bisa kamu eksplorasi. Beberapa rekomendasinya adalah sebagai berikut.

Baca jugaGaji TKI dan TKW di Qatar Mengacu Pada Bidang Profesi Pekerjaan

1. Imam Muhammad ibn Abd Al Wahhab Mosque (Masjid Negara Qatar)

Rekomendasi yang pertama adalah Imam Muhhammad ibn Abd Al Wahhab Mosque. Masjid ini dinamai Imam Muhammad ibn Abd Al Wahhab, seorang tokoh yang sangat berpengaruh dan berkontribusi pada reformasi Islam. Bisa dikatakan, ini merupakan cerminan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan bisa juga simbol kebanggaan nasional bagi warga Qatar.

Masjid ini menggabungkan elemen modern dan klasik dalam gaya arsitektur tradisional Qatar. Suasana terasa hangat dan bersahaja saat masuk ke dalamnya. Pada bagian dinding terbuat dari batu kapur berwarna krem. Atapnya memiliki banyak kubah kecil yang memberikan efek visual yang indah, terutama pada malam hari ketika lampunya menyala.

Masjid ini dapat menampung lebih dari 30.000 jamaah. Ruang sholatnya sangat luas dan seni Islami terasa indah di dalamnya. Bagian mihrab dan mimbar juga dihiasi dengan ukiran kayu dan marmer.

Masjid berada di sekitar 28 menara yang menjulang 65 meter dan menawarkan pemandangan menakjubkan dari berbagai sudut kota Doha. Menara-menara ini juga jadi simbol pentingnya spiritualitas di tengah kota Doha yang kontemporer.
Meskipun tempat ini merupakan masjid, orang non-Muslim dapat mengunjunginya untuk beribadah dan belajar tentang Islam. Terdapat pemandu yang siap menjelaskan sejarah dan arsitektur masjid dan memperkenalkan budaya Islam dengan cara ramah.

2. Katara Mosque (Masjid Katara)

wisata-religi di qatar Katara Mosque

Selanjutnya ada Katara Mosque atau bisa disebut sebagai Masjid Katara. Mosque Katara dirancang dengan menggabungkan elemen Islam tradisional dengan elemen modern. Di luar masjid, terdapat ubin biru, emas, dan kaca mosaik. Hal itu menciptakan suasana spiritual dan elegan. Masjid ini menjadi daya tarik utama bagi pengunjung karena ornamen mosaik yang rumit. Kondisi itu menggambarkan seni Islam yang berkelas.

Lampu gantung kristal, kaligrafi Al-Quran yang halus, dan karpet indah menciptakan suasana tenang. Di dalamnya, desain yang mewah membuat pengunjung merasa nyaman saat beribadah atau hanya melihat keindahannya.

Katara Mosque bukan hanya tempat ibadah. Tempat ini juga sering menjadi diadakan berbagai acara keagamaan, seminar, dan program pendidikan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman orang tentang Islam.

Masjid ini terletak di pusat budaya Katara dengan teater, galeri seni, restoran, dan juga pantai di sekitarnya. Lokasi ini memberi pengunjung kesempatan untuk menikmati perpaduan antara wisata religius dan pengalaman budaya.

3. Education City Mosque

wisata religi di qatar education city mosque

Untuk kamu yang ingin melihat masjid dengan konsep modern, maka bisa ke Education City Mosque. Masjid ini memiliki dua menara yang tinggi dan miring. Lalu, sudah dihiasi dengan kaligrafi ayat-ayat Al-Quran. Menara-menara ini melambangkan jembatan antara ilmu pengetahuan dan iman. Tentunya bagian tersebut mewakili tujuan Yayasan Qatar untuk menggabungkan nilai-nilai Islam dengan pendidikan.

Sekitar 1.800 orang dapat berkumpul di ruang utama masjid ini. Cahaya alami bisa masuk melalui jendela-jendela besar. Kemudian, ornamennya terasa menenangkan di interior masjid sehingga menciptakan suasana nyaman ketika beribadah.

Masjid ini memiliki seni kaligrafi di seluruh bangunannya. Bagian itu merupakan salah satu daya tarik utamanya. Kaligrafi ini memiliki makna mendalam yang menghubungkan ajaran Al-Quran dengan ilmu pengetahuan. Dengan begitu, kaligrafi tersebut bukan hanya sekadar dekorasi semata.
Selain itu, masjid ini juga memiliki ruang terbuka hijau, kolam air reflektif, dan ruang untuk kegiatan komunitas. Ada juga fasilitas pendidikan dan ruang belajar yang dapat digunakan untuk diskusi keagamaan dan juga pembelajaran.

Karena berada di kawasan yang menjadi pusat pendidikan, maka sering jadi tempat acara budaya dan religius. Kegiatan seperti ceramah, diskusi, dan pameran yang mengajarkan Islam selali di adakan pada masjid ini.

4. Fanar – Qatar Islamic Cultural Center

Fanar—Qatar Islamic Cultural Center terletak di pusat Kota Doha dan terkenal dengan menara spiralnya yang luar biasa. Bangunan ini merupakan salah satu landmark arsitektur paling terkenal di Qatar.
Tujuan Fanar sendiri adalah untuk menjadi pusat pendidikan dan budaya setempat. Dengan begitu, mereka bisa memperkenalkan Islam dan budaya Arab kepada pengunjung lokal maupun internasional.
Fanar juga menawarkan berbagai program pendidikan, seperti lokakarya, kelas bahasa Arab, dan diskusi tentang ajaran Islam. Para pengunjung juga memiliki kesempatan mempelajari nilai-nilai Islam dengan cara interaktif dan ramah.

Uniknya, di sini juga telah tersedia Tur gratis kepada pengunjung. Tentunya tur gratis ini untuk pengunjung yang ngin mengetahui tentang ajaran Islam, sejarah peradaban Islam, dan kontribusi Islam pada ilmu pengetahuan, seni, serta budaya. Tur ini dipandu oleh staf yang ramah dan berpengetahuan luas.

Ada juga ruang sholat yang terbuka bagi Muslim dan non-Muslim. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk beribadah di tempat yang damai dan khusyuk.

5. Abu Manaratain Mosque

wisata religi di qatar abu manaratain

Terakhir ada Abu Manaratain Mosque sebagai rekomendasi terakhir wisata religi di Qatar. Masjid Abu Manaratain ini adalah salah satu masjid tua di Qatar yang mencerminkan perkembangan arsitektur Islam di daerah tersebut. Bangunan ini telah memainkan peran penting dalam sejarah lokal dan telah sering digunakan sebagai tempat ibadah sejak lama.

Terdapat ciri-ciri arsitektur tradisional Qatar dengan menara yang tinggi. Masjid ini unik karena dindingnya tebal, bentuk kubahnya sederhana, dan penggunaan material lokal seperti batu kapur serta kayu.

Mosque Abu Manaratain terletak jauh dari keramaian. Hal itu membuat tempat ini ideal bagi mereka yang mencari ketenangan spiritual. Suasananya tenang dan damai sehingga ideal untuk berdoa dan refleksi diri.
Bagian uniknya dari masjid ini adalah masih berfungsi sebagai tempat shalat berjamaah dan pusat kegiatan keagamaan. Hal itu memberikan pengunjung kesempatan untuk melihat langsung bagaimana tradisi Islam diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Gunakan Transfez dengan Jack untuk kebutuhan bisnis AndaID CTA 1

Download Aplikasi Transfez

Aplikasi Transfez bisa bantuin kamu untuk transfer uang ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan efisien. Transfez Bisnis juga bisa bantuin bisnis kamu dalam melakukan transaksi ke luar negeri loh. Untuk kamu yang ingin mengirim uang ke sanak saudara yang berada di luar negeri karena sedang menjalankan pendidikan, bekerja, ataupun traveling, Transfez akan siap membantu. Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOs.

google play store 350px appstore