9 Ide Usaha Modal 1 Juta Terbaik di Tahun 2021

Juni 21, 2021 by admin
9 Ide Usaha Modal 1 Juta Terbaik di Tahun 2021

Untuk para pembaca setia Transfez yang sedang mencari ide usaha modal 1 juta rupiah, Anda datang ke artikel yang tepat. Kali ini, Transfez akan bahas ide usaha dengan modal 1 juta saja!

Ide-ide usaha modal 1 juta ini cocok sekali untuk para pebisnis pemula atau untuk Anda yang membutuhkan pemasukan tambahan dengan modal kecil

Sudah siap menjadi sukses dengan modal sedikit? Yuk, simak ide-ide usaha modal 1 juta terbaik di tahun 2021 ini!

Rekomendasi Usaha Modal 1 Juta dari Transfez

Bisnis Dropship

Usaha dropship adalah salah satu usaha dengan modal paling murah dan paling mudah dilakukan karena hanya membutuhkan ponsel pintar dan jaringan internet untuk memulai.

Dropshipper (pelaku usaha dropship) merupakan pihak ketiga sebagai jembatan antara pembeli dan produsen atau supplier barang dagang.

Berbeda dengan reseller, usaha dropship tidak membutuhkan tempat untuk menampung barang. Anda hanya perlu mencari pelanggan dan menentukan harga barang yang akan dijual. Nah, selisih harga dari produsen dan harga yang Anda tentukanlah yang akan jadi keuntungan Anda.

Usaha ini fleksibel, banyak variasi produk yang bisa dijual, dan tentunya bisa jadi pilihan usaha modal 1 juta terbaik untuk Anda.

Bisnis Kirim Uang

Dapat uang dengan cara kirim uang? Bagaimana caranya?

Bisnis kirim uang memang terbilang cukup baru di Indonesia. Mungkin ini bahkan kali pertama Anda mendengarnya, ya?

Tetapi, ternyata bisnis pengiriman uang ke luar negeri memiliki pasar yang cukup menggiurkan, terutama di Indonesia. Pengiriman uang ini dilakukan dari Indonesia ke berbagai negara, salah satunya kirim uang ke Cina

Nah, untuk Anda yang tertarik dengan bisnis yang satu ini, langsung saja klik di sini!

Bisnis Preloved

Untuk Anda yang merasa rumah kian sempit karena kebanyakan barang atau sedang menerapkan gaya hidup seperti Marie Kondo, bisnis preloved merupakan sebuah win-win solution!

“Does this spark joy? If it does, keep it. If not, dispose of it.” -Marie Kondo

Kalau barang-barang di rumah seperti pakaian, furnitur, dan elektronik yang masih layak pakai sudah tidak spark joy lagi, lebih baik dijual saja atau istilah kerennya preloved. Kegiatan ini dapat menjadi ide usaha modal 1 juta bahkan tanpa modal karena Anda cukup menjual barang-barang lama Anda saja. Mudah dan menguntungkan bukan?

Bisnis Minuman Kekinian

Di era modern ini, masyarakat dituntut untuk semakin kreatif dalam menciptakan ide bisnis, terutama di dunia kuliner. Jika kita melihat ke sekitar, kita dapat menemukan banyak sekali inovasi bermunculan, terutama dalam hal bisnis minuman. 

Nah, untuk Anda yang ingin memulai usaha modal 1 juta, bisa coba membuat resep minuman unik yang dikemas dengan desain kekinian dengan mengedepankan estetika atau membuat brand yang anti mainstream. Dijamin, laku keras!

Bisnis Cuci Sepatu

Masyarakat perkotaan zaman sekarang, cukup banyak yang suka menggunakan sepatu berwarna putih atau sepatu mahal berbahan khusus yang tidak bisa sembarang dicuci. Selain itu, di dunia yang bergerak serba cepat dan sibuk, banyak orang tidak punya waktu atau sudah terlalu lelah untuk mencuci sepatu sendiri. 

Kebutuhan pasar tersebut bisa jadi alasan cocok untuk membuka bisnis cuci sepatu. Bisnis ini juga cocok untuk Anda yang ingin memulai usaha modal 1 juta. 

Anda bisa lakukan bisnis ini di rumah, hanya perlu membeli beberapa alat dan cairan pembersih khusus sepatu. Tertarik untuk mencoba?

Bisnis Tanaman

Sejak orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah karena pandemi, tiba-tiba saja berkebun menjadi hobi banyak orang. Hal tersebut tentunya menjadi kesempatan emas untuk para pebisnis tanaman. 

Untuk Anda yang punya hobi berkebun atau punya cukup lahan untuk  bercocok tanam, bisnis tanaman bisa jadi pilihan usaha modal 1 juta terbaik terutama di tahun 2021 ini.

Bisnis Laundry Kiloan

Untuk Anda yang tinggal di daerah perkotaan yang sibuk atau dekat dengan kampus, bisnis laundry kiloan merupakan opsi tepat untuk memulai usaha modal 1 juta. 

Di wilayah perkantoran atau kampus umumnya ditinggali oleh banyak pekerja atau mahasiswa rantau. Nah, biasanya mereka tidak punya mesin cuci, tidak punya banyak waktu, atau memang malas mencuci. 

Alasan ini dapat Anda jadikan peluang bisnis. Cukup memanfaatkan mesin cuci di rumah atau siapkan tenaga untuk cuci manual, dan membeli beberapa barang khusus laundry saja Anda sudah bisa memulai usaha ini. 

Berjualan Produk Digital (Pulsa, Voucher Digital)

Di zaman melek teknologi ini, pulsa atau voucher digital bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan sekunder masyarakat, terutama yang tinggal di perkotaan. 

Apalagi di masa pandemi seperti ini, saat banyak sekali kegiatan tatap muka yang harus beralih jadi kegiatan daring. Maka dari itu, berjualan produk digital merupakan peluang bisnis yang ranum di tahun 2021.

Bisnis ini dapat menjadi opsi usaha modal 1 juta, karena hanya memerlukan ponsel dan bekerjasama dengan supplier provider saja. Mudah, bukan?

Menjual barang Sembako

Sembako adalah kebutuhan utama rumah tangga di seluruh penjuru negeri. Baik tua maupun muda sama-sama membutuhkan sembako sebagai kebutuhan primer untuk bertahan hidup. 

Nah, untuk yang masih bingung memilih ide usaha modal 1 juta, tidak ada salahnya untuk memulai usaha yang satu ini. Selain murah, barang-barang dagangannya pun sangat mudah didapatkan.

Tips Bisnis dari Transfez

Setelah memutuskan ide usaha modal 1 juta apa yang ingin Anda coba, mari simak tips berikut ini supaya usaha Anda bisa berjalan lebih lancar.

Analisa Pasar

Salah satu kunci sukses dalam berbisnis adalah menentukan target yang tepat. 

Melakukan analisa pasar untuk menentukan segmentasi pasar atau pengelompokkan calon konsumen sesuai kebutuhan dan karakteristik adalah hal yang wajib Anda lakukan sebelum berbisnis.

Anda dapat mengelompokkan calon konsumen berdasarkan:

  • Segmentasi lokasi
  • Segmentasi waktu/musim/tren
  • Segmentasi harga
  • Segmentasi demografi
  • Segmentasi perilaku konsumen terhadap suatu produk
  • Segmentasi sosial-budaya

Pertimbangkan dan tentukan beberapa segmentasi pasar spesifik sesuai ide bisnis yang Anda inginkan. Contohnya jika ingin membuka usaha laundry kiloan, segmen lokasinya adalah wilayah kost-kostan dekat kampus dan segmentasi harganya 6-10 ribu rupiah/kg.

Pisahkan Keuntungan dan Modal

Jangan sampai mau untung malah buntung! Pastikan untuk memperhitungkan berapa modal dan keuntungan bersih dari usaha modal 1 juta yang Anda pilih.

Buat catatan pengeluaran dan pemasukan yang rapi dan teliti untuk memudahkan Anda mengetahui selisih modal dan keuntungan yang didapatkan.

Berani Berinovasi

Bisnis tanpa inovasi pada umumnya akan lebih mudah ditinggalkan pelanggan. Konsumen  cenderung mudah bosan dengan produk yang itu-itu saja tanpa ada inovasi yang menarik.

Pelajari usaha kompetitor dan dengarkan masukan dari pelanggan untuk mendapat ide dalam melakukan inovasi bisnis Anda.

Promosi

Promosi adalah hal tepat untuk dilakukan setiap pebisnis pemula. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan produk Anda kepada masyarakat. 

Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti memberi potongan harga, memberi penawaran buy 1 get 1, memberi free trial, dan lainnya.

Tetap Optimis

Memulai bisnis memang tidak selalu mudah. Akan selalu ada rintangan tak peduli jenis bisnis atau berapapun modal yang Anda keluarkan. 

Sesulit apapun rintangan yang Anda akan hadapi, jangan menyerah dan tetap optimis. Percayalah bahwa kesuksesan selalu berpihak pada orang yang mau berusaha dan pantang menyerah.

Selamat mencoba ide-ide usaha modal 1 juta di atas! Semoga Anda sukses selalu!