9 Ide Usaha Kecil-kecilan untuk Pemula dengan Modal Kecil!

Juni 21, 2021 by admin
9 Ide Usaha Kecil-kecilan

Ingin punya penghasilan tambahan atau ingin coba terjun ke dunia bisnis dengan memulai usaha kecil-kecilan?

Usaha kecil-kecilan merupakan salah satu opsi terbaik untuk kita yang sedang membutuhkan uang tambahan, bosan dengan kehidupan kantor yang monoton, ingin mengisi waktu luang, atau belum memiliki pekerjaan. Namun, ketika hendak memulai, kebanyakan dari kita biasanya bingung mengenai ide bisnis, belum adanya pengalaman tentang bisnis, atau terkendala modal yang tidak cukup.

Jangan bingung lagi! Berikut ini Transfez akan bagikan 9 ide usaha kecil-kecilan untuk pemula dengan modal kecil.

Tips Bisnis untuk Pemula dari Transfez

Sebelum memulai usaha kecil-kecilan yang Anda inginkan, mari simak dulu tips-tips di bawah ini.

Sesuaikan dengan Modal

Modal adalah salah satu hal utama yang harus dipersiapkan sebelum memulai bisnis. Untuk usaha kecil-kecilan, modal yang dibutuhkan tentunya tidak terlalu besar. Akan tetapi, pastikan untuk mencari informasi terlebih dulu tentang modal awal bisnis yang Anda inginkan sehingga dapat sesuai dengan modal yang dimiliki.

Analisa Pasar 

Baik itu usaha berskala besar maupun usaha kecil-kecilan, menganalisa pasar menjadi hal yang sangat penting. Sebelum memulai usaha, ada baiknya Anda melihat ke sekitar untuk mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat. Dengan begitu, Anda dapat melihat peluang pasar yang bagus untuk dijadikan bisnis. 

Setelah menganalisa pasar yang sesuai dengan keinginan dan modal Anda, pastikan untuk fokus pada target atau segmen pasar yang spesifik. Setiap target pasar memiliki pendekatannya masing-masing. Menentukan segmen pasar yang spesifik dapat memperbesar peluang keberhasilan branding usaha Anda.

Lakukan Promosi

Promosi adalah langkah tepat untuk dilakukan pebisnis pemula yang belum memiliki banyak pelanggan setia. Hal ini bertujuan untuk menarik minat pelanggan baru untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan, serta membantu meningkatkan loyalitas pelanggan.  

Jangan Takut Berinovasi

Dunia bisnis tidak pernah lepas dari persaingan. Seorang pebisnis diharuskan untuk tidak cepat puas dan berani berinovasi. Teruslah berinovasi agar bisnis Anda dapat terus berkembang di antara ribuan bahkan jutaan kompetitor lain, karena kebutuhan pasar pun selalu berubah dengan cepat.

Ide Usaha Kecil-kecilan dari Transfez

  1. Bisnis Minuman Kekinian

Bisnis minuman “kekinian” seperti boba milk tea, thai tea, es kopi susu, dan cold-pressed juice kini sedang menjamur di mana-mana. Selain karena digemari pasar dari segala rentang usia, usaha minuman kekinian ini juga dapat dilakukan dengan modal kecil

Bahan-bahan dan alat-alat produksi yang dibutuhkan terbilang cukup murah dan mudah didapatkan sehingga cocok untuk menjadi ide usaha kecil-kecilan Anda. Selain itu, proses produksinya pun cepat dan cukup mudah.

  1. Makanan Sehat

Saat ini, semakin banyak masyarakat yang memperdulikan kesehatan dan mulai mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Hal itu membuat bisnis makanan sehat dapat menjadi peluang bisnis menggiurkan untuk Anda.

Makanan sehat pada umumnya menggunakan bahan-bahan alami organik dan pengolahan khusus sehingga membuat harga makanan tersebut menjadi lebih mahal dari makanan biasa. 

Carilah produsen bahan makanan organik yang murah atau produksi bahan makanan organik di rumah agar keuntungan Anda menjadi berlipat ganda.

  1. Frozen Food

Di dunia yang bergerak serba cepat, bisnis frozen food dapat jadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin memulai usaha kecil-kecilan. Banyak orang, terutama keluarga urban bergantung pada frozen food karena dinilai praktis untuk konsumsi mereka yang tidak punya banyak waktu di dapur.

Harga bahan dan alat pembuatan frozen food cukup terjangkau. Penyimpanan pun mudah dan tahan lama di freezer. Ini membantu Anda memproduksi cukup banyak. Makanannya tidak mudah basi, sehingga tak perlu takut rugi makanan cepat basi.

Selain membuat sendiri produk frozen food yang akan dijual, Anda juga dapat menjual frozen food yang dibeli dengan harga lebih murah dari produsen tertentu.

  1. Bisnis Transfer Uang Antar Negara

Siapa bilang bisnis transfer uang antar negara hanya bisa dilakukan oleh perusahaan raksasa seperti bank BUMN dan bank swasta?

Jika Anda cukup jeli melihat peluang, bisnis ini bisa menjadi ide usaha kecil-kecilan Anda, lho! Penasaran bagaimana caranya?

Salah satu caranya adalah dengan menjadi partner afiliasi Transfez. Anda tinggal mendaftar dan mempromosikan link referral Anda saja. Setiap orang yang menggunakan kode referral Anda untuk mengirim uang ke luar negeri seperti kirim uang ke Cina, maka Anda akan mendapat komisi.

  1. Membuka Warung

Membuka warung adalah salah satu pilihan usaha kecil-kecilan yang mudah dilakukan untuk pemula. 

Ada banyak jenis warung yang dapat Anda pilih. Warung sembako, warung nasi, atau warung kopi? Pilihlah sesuai minat Anda dan jangan lupa pertimbangkan pula analisa pasar dan lokasi di mana Anda akan membuka warung. 

Contohnya, jika Anda tinggal di daerah dekat kampus atau dekat pabrik, warung nasi atau warung kopi bisa jadi pilihan yang bagus.

  1. Ikuti Bisnis yang Sedang Trend

Mengikuti bisnis yang sedang trend merupakan peluang menarik untuk memulai usaha kecil-kecilan. Seperti contohnya di tahun 2021, bisnis konsultan saham, bisnis webinar/kursus online, jasa pembuatan website, dan bisnis kue ulang tahun ala Korea mendulang banyak keuntungan bagi para pelaku bisnisnya.

Lakukan research  di kolom pencarian internet untuk mengetahui apa saja bisnis yang sedang hits baru-baru ini. Kemudian pilihlah bisnis yang sesuai minat, modal yang dimiliki, dan cukup mudah dilakukan oleh pemula seperti Anda.

  1. Berjualan Produk Digital

Di era melek teknologi seperti sekarang, berjualan produk digital dapat dijadikan usaha kecil-kecilan yang menguntungkan. 

Tidak perlu repot-repot membeli banyak alat, bahan, atau menyewa kios. Cukup dengan menggunakan smartphone, laptop, dan koneksi internet saja Anda sudah siap berbisnis!

Banyak pilihan produk digital yang dapat Anda jual seperti e-book, software/aplikasi, video tutorial/panduan, audio digital, aset grafis/template desain, dll. 

  1. Bisnis Hijab

Hijab merupakan produk fashion yang nyaris tidak pernah sepi peminat, terutama di negara dengan mayoritas penduduk muslim seperti Indonesia.

Bisnis hijab dapat menjadi pilihan usaha kecil-kecilan yang menguntungkan. Modal yang dibutuhkan juga terbilang kecil karena sudah banyak produsen hijab atau produsen kain yang menjual dengan harga terjangkau sehingga Anda bisa meraup untung lebih besar.

  1. Berjualan Barang Bekas

Membuka toko barang bekas atau sekarang lebih dikenal dengan istilah thrift shop merupakan salah satu pilihan terbaik untuk Anda yang ingin memulai usaha kecil-kecilan dengan modal sedikit. 

Anda bahkan bisa tidak mengeluarkan modal sedikitpun! Jika barang bekas yang dijual berasal dari gudang atau lemari Anda sendiri. Barang bekas yang dijual dapat berupa pakaian, furnitur, elektronik, dll.

Selain menjual barang bekas milik sendiri, Anda juga dapat menjual barang bekas hasil berburu di toko antik atau pasar baju bekas seperti Pasar Gede Bage (Bandung) dan Pasar Senen (Jakarta).