Industri teknologi finansial atau fintech memang sedang berkembang sangat pesat di tanah air. Tidak terkecuali untuk layanan transfer uang internasional atau yang dikenal dengan istilah remitansi/remittance. Menurut data Bank Indonesia, jumlah kiriman devisa dari Tenaga Kerja Indonesia atau TKI yang bekerja di luar negeri pada tahun 2018 saja mencapai US$10,971 miliar (setara dengan Rp153,6 triliun). Angka ini melonjak pesat lebih dari 25% dibanding tahun sebelumnya.

Di sisi lain, jumlah tenaga kerja asing yang mengadu nasib di Indonesia pun tidak kalah banyaknya. Mereka juga menggunakan remittance untuk mengirimkan uang ke negaranya. Meski jumlahnya turun sebanyak 1,12% dibanding tahun sebelumnya, remittance Indonesia masih meraih surplus sebesar US$7,57 miliar atau setara dengan Rp105,94 triliun. Angka ini tentu bukan nilai yang sedikit. Tapi benarkah apa yang sudah diraih ini menggambarkan maksimalnya layanan remittance terpercaya Indonesia?

Dengan jumlah tenaga TKI yang bekerja di luar negeri maupun TKA yang berada di dalam negeri, sektor remittance Indonesia sesungguhnya masih bisa terus dioptimalkan. Untuk negara sebesar Indonesia, transaksi pengiriman uang dari dan ke luar negeri yang ada masih kalah jauh dengan Filipina yang per tahunnya bisa mencatat angka hingga US$24 miliar.

Meski banyak orang menganggap bahwa hal ini terjadi karena minimnya jumlah uang yang dikirimkan, sebenarnya itu tidak sepenuhnya benar. Ada beberapa faktor lain yang membuat kenapa sektor remitansi kita perlu diperbaiki lagi. Apa saja?

1.      Tingginya Biaya Transfer yang Dikenakan

Hingga saat ini masih banyak pihak yang mengeluhkan mahalnya biaya pengiriman uang dari dan ke luar negeri. Misalnya saja di Australia, untuk mengirimkan uang ke Indonesia melalui jasa perbankan bisa dikenakan biaya AUD 20-32. Beberapa penyedia layanan remittance non bank juga menerapkan tarif yang kurang lebih sama. Hal ini menjadi beban tersendiri yang membuat banyak pekerja atau orang-orang yang berada di luar negeri enggan mengirimkan uang kembali ke negara asalnya.

2.      Exchange Rate yang Tinggi dari Bank

Layanan Transfer Uang Internasional
Transfez Mentransformasi Layanan Transfer Uang Internasional di Indonesia

Saat Anda melakukan pengiriman uang dari luar ke dalam negeri atau sebaliknya, ada yang namanya nilai tukar karena perbedaan mata uang yang digunakan. Saat ini banyak bank yang mengenakan exchange rate yang tinggi untuk remittance. Ini membuat jumlah uang yang dikirim nantinya tidak akan sama nilainya dengan yang diterima.

Salah satu bank swasta misalnya, mengenakan biaya pengiriman hingga 1/8 dari total dana yang dikirim. Ketika pengirim melakukan konversi mata uang misalnya dari IDR ke USD, biaya pengiriman biasanya akan lebih besar ketimbang mengirim dengan mata uang yang sama. Kenapa? Ini karena bank sudah mengambil keuntungan dari tingginya exchange rate yang dikenakan saat Anda melakukan konversi.

3.      Biaya Tambahan untuk Mengirim Uang dengan Kurs yang Sama

Layanan Transfer Uang Internasional
Transfez Mentransformasi Layanan Transfer Uang Internasional di Indonesia

Banyak penyedia layanan remittance mengiming-imingi calon penggunanya dengan fee yang murah untuk pengiriman uang dengan kurs yang sama. Misalnya saja untuk mengirimkan USD ke USD. Selain pengguna harus membayar biaya transaksi yang dikatakan “murah”, pengguna juga dikenakan biaya tambahan sebesar 0,125% dari total transaksi.

Hal ini menyebabkan jumlah uang yang diterima tidak sama dengan jumlah uang yang dikirim. Walaupun ada perusahaan remittance yang menyediakan layanan kirim full amount (agar penerima mendapatkan jumlah uang yang sama dengan yang dikirim), mereka biasanya mengenakan biaya tambahan lagi. Ini tentu saja membuat Anda merasa transaksi yang dilakukan tidak lagi transparan.

4.      Prosedur Kompleks yang Melelahkan

Layanan pengiriman uang ke luar negeri terutama yang dilakukan melalui bank memang mengharuskan Anda menyiapkan banyak hal. Selain harus datang langsung ke bank (dan ini tentu saja sangat melelahkan dan menyita waktu), Anda masih harus membawa beragam dokumen pelengkap dan informasi untuk bisa melakukan pengiriman uang. Sesampainya di bank, Anda akan diminta mengisi beragam formulir termasuk surat pernyataan transaksi valas yang bermeterai. Sudah terbayang seperti apa ribetnya?

5.      Proses Pengiriman yang Panjang dan Memusingkan

Meskipun Indonesia memiliki jumlah TKI yang banyak di luar negeri, banyak di antara mereka yang tidak memiliki pengetahuan yang mumpuni terkait proses pengiriman uang ke tanah air. Ketidakpahaman ini masih ditambah lagi dengan prosedur pengiriman uang yang panjang dan terkesan memusingkan. Selain persyaratan, biaya-biaya yang dikenakan untuk setiap aktivitas pun beragam.

Tidak hanya itu, uang yang dikirim pun harus menempuh waktu yang panjang untuk sampai ke tangan penerima. Bisa berhari-hari bahkan hingga seminggu. Jika ingin kiriman sampai lebih cepat, ada layanan khusus bernama value today yang bisa digunakan tapi tentu saja ini tidak gratis alias dikenakan biaya tambahan.

Dengan semakin canggihnya teknologi keuangan, banyak orang berharap bisa melakukan pengiriman uang semudah transfer antar rekening dengan menggunakan mobile banking. Selain tidak menyita waktu, prosesnya juga tidak memerlukan biaya yang mahal. Di sinilah Transfez lahir sebagai solusi untuk memecahkan berbagai permasalahan di atas.

Mengapa Membangun Kepercayaan Masyarakat pada Remitansi Itu Penting?

Layanan Transfer Uang Internasional
Transfez Mentransformasi Layanan Transfer Uang Internasional di Indonesia

Hingga saat ini pemerintah terus melakukan berbagai cara untuk meningkatkan lagi pertumbuhan remittance di tanah air. Hal ini karena jasa pengiriman uang ke dalam negeri saja sudah berhasil menyumbang 10% dari total APBN. Nilai ini merupakan yang terbesar kedua setelah sektor migas. Dari remitansi ini, roda perekonomian daerah ikut bergerak maju.

Dengan potensi yang sangat besar dan layanan yang masih belum maksimal, perusahaan penyedia layanan transfer uang internasional harus terus berbenah untuk meningkatkan pertumbuhan remitansi di Indonesia. Mengapa penyempurnaan layanan ini menjadi begitu penting?

·  Memberikan Dukungan pada Pelajar Indonesia yang Menuntut Ilmu di Luar Negeri

Layanan Transfer Uang Internasional
Transfez Mentransformasi Layanan Transfer Uang Internasional di Indonesia

Saat ini banyak sekali pelajar dari Indonesia bermimpi untuk bisa melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Meski banyak universitas yang menyediakan beasiswa penuh, tapi tidak sedikit juga yang bersekolah atau kuliah dengan biaya pribadi dari orang tua.

Di sinilah remittance mengambil peran penting sebagai sarana untuk mengirimkan uang dari Indonesia untuk para pelajar di luar negeri. Dengan aktivitas belajar yang padat, tentu akan sangat menyenangkan jika bisa menemukan layanan pengiriman uang yang simple, cepat, serta berbiaya murah.

·  Mendukung Kehidupan Para Ekspatriat di Indonesia

Layanan Transfer Uang Internasional
Transfez Mentransformasi Layanan Transfer Uang Internasional di Indonesia

Setiap tahunnya, jumlah tenaga kerja asing di Indonesia terus meningkat. Menurut data dari Kementerian Ketenagakerjaan, sampai akhir 2018 lalu setidaknya ada 95.335 orang pekerja asing yang mengadu nasib di tanah air. Angka ini terus tumbuh seiring dengan semakin banyaknya investor asing yang masuk ke Indonesia.

Jumlah penduduk asing atau ekspatriat ini masih belum termasuk orang-orang yang bukan pekerja asing. Jika ditambah dengan orang asing yang sudah menetap atau menetap sementara namun bukan untuk tujuan bekerja, maka jumlah orang asing di Indonesia bisa lebih banyak lagi. Mereka juga merupakan konsumen yang ingin mendapatkan layanan remittance terbaik untuk mempermudah proses pengiriman uang ke negara asal mereka.

·  Membantu Mendanai Komunitas dan Organisasi di Dalam Negeri

Layanan Transfer Uang Internasional
Transfez Mentransformasi Layanan Transfer Uang Internasional di Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali komunitas dan organisasi yang memerlukan pendanaan. Sayangnya kadang sumber dari dalam negeri tidak cukup banyak untuk mendukung kegiatan operasional. Selain itu, tidak sedikit pihak asing yang tertarik dan ingin ikut mendanai.

Agar uang yang diberikan bisa sampai dengan cepat dan mudah ke para pengurus, para pendana asing ini pun memerlukan jasa remittance yang mumpuni. Selain memberikan pemasukan bagi perusahaan penyedia layanan, kemudahan ini juga akan memaksimalkan dukungan terhadap organisasi maupun komunitas yang bersangkutan.

·  Membantu Usaha Kecil Menengah Berbasis B2B

Layanan Transfer Uang Internasional
Transfez Mentransformasi Layanan Transfer Uang Internasional di Indonesia

Bagi perusahaan besar yang melakukan kerja sama dengan perusahaan asing, pengiriman uang dan biayanya tentu bukan masalah besar. Tapi lain cerita jika usaha yang dijalankan masih berskala kecil menengah. Kemudahan serta fee yang murah untuk pengiriman uang ke mitra atau dari mitra yang ada di luar negeri akan sangat membantu kemajuan bisnis mereka.

Dengan jumlah penduduk Indonesia yang tinggal di luar negeri dan penduduk asing yang ada di dalam negeri, remittance merupakan sektor yang tidak akan pernah sepi. Angka tertinggi yang pernah diraih untuk pengiriman uang ke Indonesia dari remittance berbasis peer-to-peer (dari perorangan ke perorarangan) adalah sebesar US$3,4 miliar. Sementara untuk peer-to-peer remittance dari Indonesia ke luar negeri angka tertinggi yang pernah diraih adalah senilai US$359 juta.

Hingga saat ini baik pemerintah maupun penyedia layanan remittance masih terus melakukan perbaikan di berbagai sisi. Salah satunya adalah menciptakan teknologi yang lebih baik untuk memudahkan prosesnya. Tentu saja tanpa harus mengabaikan KYC (Know Your Customer) dan AML (Anti Money Laundry/Anti Pencucian Uang).

Apa Solusi yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Layanan Remittance di Indonesia?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki layanan pengiriman uang dari dan ke luar negeri. Salah satunya adalah dengan menciptakan teknologi remittance berbasis web atau aplikasi ponsel. Ini akan membuat proses pengiriman uang jadi semudah transaksi perbankan antar rekening dan bank di dalam negeri.

Selain memudahkan pengirim dan penerima uang, teknologi yang dimaksud juga diharapkan akan membantu mengurangi fee yang selama ini terlalu tinggi. Exchange rate yang kompetitif pun dijamin akan meningkatkan ketertarikan orang untuk menggunakan sebuah layanan remittance.

Transfez, Menawarkan Kemudahaan dan Kepercayaan untuk Transaksi Remittance Anda

Layanan Transfer Uang Internasional
Transfez Mentransformasi Layanan Transfer Uang Internasional di Indonesia

Untuk menjawab segala kebutuhan konsumen akan layanan pengiriman uang yang mudah, murah dan terpercaya, Transfez hadir sebagai solusi. Menawarkan layanan yang lebih cerdas, lebih murah, lebih cepat dan lebih baik, Transfez siap menjadi mitra terbaik untuk berbagai kebutuhan remittance Anda ke luar negeri.

Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Transfez antara lain:

-  Melayani Lebih dari 70 Negara. Transfez memiliki jangkauan yang luas untuk pengiriman uang Anda, hingga ke 70 negara termasuk yang berada di Benua Amerika, Eropa, Afrika dan Asia Pasifik

-  Fee yang Lebih Murah. Pernah merasa enggan menggunakan remittance karena biaya mahal yang dikenakan? Transfez memangkas hampir 80% dari semua fee itu dan membuat transfer uang online antar negara jadi semakin terjangkau

-  Tidak Ada Hidden Fee. Tidak ada yang suka dengan pengalaman mengirim uang ke luar negeri dengan biaya tidak tercatat yang akan dipotong dari uang yang diterima. Dengan menggunakan Transfez, penerima akan mendapatkan jumlah penuh dari uang yang Anda kirim, tanpa beban biaya tambahan

-  Prosedur Pengiriman yang Cepat. Enggan datang ke bank dan direpotkan dengan berbagai dokumen pengiriman uang? Transfez akan menyederhanakan segala prosesnya dengan memungkinkan Anda mengirimkan uang kapan saja, dari mana saja lewat gawai hanya dengan sekali mendaftar saja

-  Mobile-friendly. Transfez hadir dalam format aplikasi yang bisa dioperasikan dari ponsel pintar Anda. Baik Android maupun iOS

-  Exchange Rate yang Bersaing. Tidak perlu lagi khawatir dengan exchange rate karena Transfez menyediakan kurs yang paling kompetitif untuk Anda.

9  Negara yang Sudah Dilayani oleh Transfez

Adapun negara-negara yang dilayani oleh Transfez antara lain:

1.  Jepang

Layanan Transfer Uang Internasional
Transfez Mentransformasi Layanan Transfer Uang Internasional di Indonesia

Jepang merupakan negara yang memiliki hubungan bilateral cukup baik dengan Indonesia. Tidak hanya Indonesia yang mengirimkan pekerja serta pelajar, banyak orang-orang Jepang yang juga bertugas di tanah air. Keberadaan Transfez sangat memudahkan proses pengiriman uang ke Jepang. Tarif yang dikenakan adalah flat fee dengan waktu sampai di hari yang sama atau sehari berikutnya.

2.  Inggris

Layanan Transfer Uang Internasional
Transfez Mentransformasi Layanan Transfer Uang Internasional di Indonesia

Berdasarkan data dari British Council, jumlah pelajar Indonesia yang berkuliah di Inggris terus meningkat setiap tahunnya, melampaui Malaysia dan Singapura. Mereka merupakan orang-orang yang memerlukan fasilitas pengiriman uang mudah dan cepat. Dengan flat fee dan waktu sampai dalam 2 jam, Transfez akan jadi layanan yang sangat memudahkan aktivitas pengiriman uang ini.

3.  Eropa

Layanan Transfer Uang Internasional
Transfez Mentransformasi Layanan Transfer Uang Internasional di Indonesia

Selain Inggris, beberapa negara di Uni Eropa juga banyak menjadi tujuan studi. Keberadaan Transfez akan memudahkan aktivitas remittance antar kedua negara. Tarif yang dikenakan untuk mengirim uang ke Eropa juga flat fee yang akan diproses di hari berikutnya.

4.  Korea Selatan

Layanan Transfer Uang Internasional
Transfez Mentransformasi Layanan Transfer Uang Internasional di Indonesia

Tidak hanya pelajar dan pekerja, beberapa tahun ke belakang impor produk Korea semakin diminati. Para importir dalam negeri bisa memanfaatkan Transfez untuk kemudahan bisnis mereka membayar supplier di Korea Selatan. Tentunya Tranzfez menawarkan flat fee dan real-time process untuk setiap transaksi.

5.  Filipina

Layanan Transfer Uang Internasional
Transfez Mentransformasi Layanan Transfer Uang Internasional di Indonesia

Sebagai negara tetangga, Filipina memerlukan layanan pengiriman uang yang mudah ke Indonesia. Transfez memberikan layanan pengiriman uang dengan tarif tetap (flat fee) dan same day atau D+1 process.

6.  India

Layanan Transfer Uang Internasional
Transfez Mentransformasi Layanan Transfer Uang Internasional di Indonesia

Sebanyak lebih dari 6.000 tenaga asing yang bekerja di Indonesia berasal dari India. Transfez menyediakan layanan yang mudah dan murah untuk aktivitas keuangan mereka. Baik untuk mengirim maupun menerima dana. Transfez menawarkan layanan flat fee dan next business day untuk setiap transaksi remittance ke India.

7.  Malaysia

Layanan Transfer Uang Internasional
Transfez Mentransformasi Layanan Transfer Uang Internasional di Indonesia

Selain menjadi negara tetangga, jumlah TKI yang bekerja di Malaysia juga cukup tinggi. Lalu lintas perdagangan antar kedua negara juga memerlukan sarana pengiriman uang yang efisien seperti Transfez. Anda bisa memanfaatkan flat fee dan same-day atau next business day service.

8.  Singapura

Layanan Transfer Uang Internasional
Transfez Mentransformasi Layanan Transfer Uang Internasional di Indonesia

Pelajar maupun pekerja Indonesia yang berada di Singapura juga cukup banyak. Pelayanan pengiriman yang andal dari Transfez sangat memudahkan segala aktivitas keuangan mereka, terutama dengan adanya tarif flat (flat fee) dan same-day service yang disediakan.

9.  Australia

Layanan Transfer Uang Internasional
Transfez Mentransformasi Layanan Transfer Uang Internasional di Indonesia

Pada semester pertama tahun 2018 lalu, angka pengiriman uang dari tenaga kerja Indonesia yang berada di Australia nilainya mencapai US$6 juta. Meski turun dari tahun-tahun sebelumnya, namun adanya Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) kemungkinan akan meningkatkan jumlah TKI yang ada di negeri kangguru tersebut. Artinya, kebutuhan akan remittance yang cepat dan murah juga akan semakin tinggi. Bersama Transfez Anda bisa menikmati layanan flat fee dan next day process.

Pada umumnya, peluang remittance di Indonesia sangatlah luas. Hingga akhir tahun 2018 lalu, ada hampir 100.000 tenaga kerja asing yang bertugas di dalam negeri. Sementara TKI jumlahnya hampir 40 kali lipat dari itu yakni mencapai 3,65 juta. Dengan pasar sebesar itu, perbaikan-perbaikan sistem hingga layanan pengiriman uang perlu terus ditingkatkan.

Transfez sebagai penyedia layanan keuangan digital yang beroperasi di bawah pengawasan Bank Indonesia dan PPATK, siap melayani proses pengiriman uang Anda baik dari dalam dan ke luar negeri. Dengan biaya murah dan transparan serta prosesnya yang mudah dan cepat, Transfez siap menjadi remittance terpercaya Indonesia untuk berbagai keperluan finansial Anda.