Disadari atau tidak, sering kali saat berada di luar negeri kita membutuhkan dana darurat untuk membiayai berbagai kepentingan atau kebutuhan bisnis. Misalnya, biaya rumah sakit, kecelakaan, atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Inilah mengapa kebutuhan untuk mendapatkan layanan transfer cepat sangat diperlukan.

Nah, bagi yang sering mengalami masalah keuangan, berikut merupakan beberapa pilihan terbaik transfer uang dari Indonesia ke Belanda yang bisa dijadikan referensi, yaitu:

1. Transfer Antarbank

transfer uang dari Indonesia ke Belanda
transfer uang dari Indonesia ke Belanda

Sama seperti transfer dalam negeri. Transfer uang antarbank yang dilakukan lintas negara memerlukan bank sebagai media perantara. Biasanya bank akan menawarkan 2 opsi. Pertama, transfer dalam bentuk rupiah yang akan dikonversi ke mata uang asing.

Kedua, transfer dalam bentuk mata uang asing negara tujuan. Untuk transfer lintas negara, sebaiknya Anda tanyakan dulu bagaimana prosedur sebenarnya ke bank yang bersangkutan. Karena setiap bank memiliki kebijakannya masing-masing, termasuk soal apakah bank melayani transfer uang dari Indonesia ke Belanda.

Selain itu, biasanya ada biaya administrasi yang ditanggung oleh nasabah, baik yang menerima maupun mengirim uang. Meskipun kelihatannya cepat, transfer antarbank lintas negara cenderung berisiko dan membutuhkan waktu. Pada beberapa negara, bahkan butuh waktu lebih dari satu hari sampai uang benar-benar bisa diterima.

2. Menggunakan Rekening Virtual

transfer uang dari Indonesia ke Belanda
transfer uang dari Indonesia ke Belanda

Fasilitas transfer ini termasuk yang populer dan sering digunakan. Untuk memanfaatkan rekening virtual, ada beberapa produk yang bisa digunakan, salah satunya PayPal. Tetapi persyaratan utamanya, baik pengirim maupun penerima harus sama-sama memiliki rekening virtual.

Selain itu, Anda juga harus memiliki kartu kredit sebagai alat untuk verifikasi agar rekening dapat menerima dan mengirimkan dana. Seperti halnya media transfer antarbank, mengirim uang dengan cepat ke Belanda menggunakan rekening virtual juga memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri.

Mengingat rekening semacam ini menggunakan alamat email dan kata kunci khusus untuk bisa masuk ke situs, maka tidak menutup kemungkinan akun dibajak orang lain. Jadi apabila Anda menggunakan PayPal, pastikan untuk menggunakan kata kunci atau email khusus untuk menghindari kemungkinan terburuk.

3. Menggunakan Aplikasi

transfer uang dari Indonesia ke Belanda
transfer uang dari Indonesia ke Belanda

Karena zaman sudah cukup canggih, mengirim uang bisa dilakukan juga dengan memanfaatkan aplikasi pada smartphone. Salah satu aplikasi yang tepercaya adalah Transfez. Meskipun berbentuk aplikasi, tetapi produk ini telah disupervisi oleh Bank Indonesia. Jadi soal keamanan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Selain mudah, pengiriman lewat aplikasi Transfez juga cukup praktis, karena bisa dilakukan di mana dan kapan saja serta mendukung pengiriman uang dari Indonesia ke berbagai negara tujuan, termasuk ke Negeri Tulip, Belanda.

Produk semacam ini tentu sangat berguna dan bermanfaat, terutama bagi Anda yang sedang berbisnis atau belajar di luar negeri dan membutuhkan perantara atau media untuk melakukan transfer uang dari Indonesia ke Belanda dengan cepat. Karena untuk mengirim uang ke Belanda dengan Transfez, hanya butuh satu hari kerja saja.

Bagaimana, tertarik menggunakan Transfez? Semoga informasi di atas bermanfaat.